Dark/Light Mode

Di Bawah Erick, Reaktivasi Legenda Mak Itam Lebih Cepat Dari Target Januari 2023

Rabu, 21 Desember 2022 12:48 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) saat meresmikan reaktivasi simbol keberadaan perkeretaapian di Ranah Minang, Selasa (20/12). (Foto: Instagram)
Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri) saat meresmikan reaktivasi simbol keberadaan perkeretaapian di Ranah Minang, Selasa (20/12). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lokomotif Uap E1060 legendaris atau yang biasa disebut Mak Itam, kembali hidup di tengah masyarakat Sumatera Barat (Sumbar), setelah Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan reaktivasi simbol keberadaan perkeretaapian di Ranah Minang, Selasa (20/12).

Erick berharap, aktivasi Mak Itam beserta sarana dan prasarana pendukungnya, dapat mengangkat perekonomian Sumbar.

 “Meresmikan Kereta Api Mak Itam yang kembali beroperasi di jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban. Bismillah, aset legendaris ini bisa mendorong perekonomian di Sumatera Barat melalui wisata perkeretaapian,” kata Erick.

Upaya mereaktivasi Mak Itam yang dilakukan oleh Kementerian BUMN berawal dari sebuah peristiwa pada 1 Juli 2022.

Ketika itu, empat BUMN yang terdiri PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menggelar pertemuan. 

Baca juga : Eks Ketua DPP PSI Nilai Erick Thohir Layak Jadi Cawapres Di Pilpres 2024

Mereka melakukan kick off perbaikan prasarana dan sarana perkeretaapian, dalam rangka mendukung pengoperasian kembali kereta api jalur Sawahlunto - Muaro Kalaban, Sumatera Barat di Stasiun Sawahlunto.

Saat itu, direncanakan pekerjaan perbaikan jalur kereta sepanjang 4 kilometer, plus perbaikan sang legenda Mak Itam. Perbaikan itu ditargetkan kelar enam bulan.

KA lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban diharapkan dapat beroperasi pada Januari 2023.

Namun kenyataannya, perbaikan kelar 1 bulan lebih cepat, dari yang direncanakan. 

Selasa (20/12), Erick melepas Mak Itam kembali bergerak. Kick off-nya dihadiri Deputi Bidang SDM & TI Kementerian BUMN Tedi Bharata, Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Direktur Operasi SIG Yosviandri, VP Pemasaran Domestik Bio Farma Fitri Puspa Dwi, VP External Communication Pupuk Indonesia Gilang, Kadishub Sumatera Barat Heri Noviardi, dan Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Ambun Kadri.

Baca juga : Siap-siap, Daihatsu Indonesia Master Bakal Digelar Januari 2023

Kick off ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan Perjanjian Kerja Sama 4 BUMN, yang dilakukan di Jakarta pada 23 Juni 2022.

Pengoperasian kembali jalur ini bertujuan untuk mendorong perekonomian di Sumbar, melalui wisata perkeretaapian. Khususnya, di kawasan yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia Baru UNESCO yaitu Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto.

Tedi Bharata mengatakan, berbagai harapan dan aspirasi masyarakat Sumatera Barat sudah ditangkap Menteri BUMN.

Kick off tersebut menjadi langkah nyata dari Kementerian BUMN, bersama-sama dengan BUMN, untuk mendorong peningkatan perekonomian. Khususnya, dalam bidang pariwisata yang ada di Sumbar.

Perbaikan prasarana mencakup perbaikan jalan rel, 2 buah jembatan, terowongan, persinyalan, bangunan stasiun, dan dipo.

Baca juga : Uji Coba Lancar, KAI Targetkan Kereta Cepat Jakarta Bandung Meluncur Juni 2023

Selain itu, juga ada penggantian rel, bantalan, dan penambahan balas. Agar perjalanan KA dapat melintas dengan aman.

Untuk jembatan, dilakukan pengecatan dan penyanggaan, agar lebih kokoh dan laik untuk dilewati kereta api.

Terkait pekerjaan terowongan, KAI melakukan grouting atau penguatan dinding terowongan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.