Dark/Light Mode

Migrasi Ke TV Digital, Siaran TV Analog Jawa Timur Distop Per Hari Ini

Rabu, 21 Desember 2022 20:44 WIB
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan akan menghentikan siaran TV analog di Surabaya dan sekitarnya mulai 20 Desember 2022 atau sebulan setelah Analog Switch Off (ASO) di Jabodetabek.

Maka dari itu, yang selama ini masih menikmati siaran TV analog diharuskan untuk segera beralih ke siaran TV digital. Salah satunya siaran iNews di Kanal 41 UHF mengajak warga Surabaya dan sekitarnya beralih ke TV digital, untuk tetap bisa menikmati rangkaian program-program terbaik di iNews.

Selain Surabaya, siaran TV analog juga akan dihentikan di beberapa kota besar lainnya secara serentak. Masyarakat juga diminta untuk set ulang frekuensi TV digital/STB anda, tonton iNews di saluran digital terbaik.

Baca juga : Genjot Ekspor Berbasis Digital, Transformasi Kunci Utama Bagi Koperasi & UKM

“Lembaga penyiaran bersepakat melaksanakan penghentian siaran analog ke siaran TV digital pada tanggal 20 Desember 2022 pukul 24.00 untuk wilayah Jawa Timur-1," ujar Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong dalam keterangan resmi, Rabu (21/12).

Sebelumnya sudah ada di wilayah sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta yang lebih dulu mematikan siaran TV analog ke siaran TV digital. Ada 10 kabupaten atau kota di Jawa Timur yang memulai ASO per Selasa, 20 Desember 2022.

Dengan adanya hal ini warga yang berada di wilayah itu tidak bisa lagi menikmati siaran TV analog dan harus beralih ke TV digital.

Baca juga : Mobil Ditabrak Truk Yang Disupiri Anjing

"Kementerian Kominfo menyambut baik kesepakatan lembaga penyiaran menghentikan siaran analog pada tanggal 20 Desember 2022 pukul 24.00,” tambahnya.

Kominfo meminta masyarakat yang tinggal di wilayah itu untuk menggunakan perangkat set top box (STB), jika masih memakai televisi analog supaya bisa tetap menonton siaran televisi terestrial digital.

Data terbaru dari Kementerian Kominfo menyebutkan distribusi bantuan set top box untuk rumah tangga miskin di wilayah siaran Jawa Timur 1 sudah 100 persen.

Baca juga : Perkuat Konten Digital, Telkom Ubah Melon Jadi Nuon Digital Indonesia

Kementerian Kominfo, kata Usman, menyambut baik komitmen Gabungan Pengusaha Elektronika (Gabel) menjamin ketersediaan perangkat set top box di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Ia mengatakan, Kementerian Kominfo mendorong masyarakat di Jawa Timur-1 yang TV nya masih analog untuk melengkapi dengan STB dari sekarang agar pada saat ASO tangga 20 Desember 2022 sudah siap menikmati siaran TV digital yang bersih gambarnya, jernih suaranya dan canggih teknologinya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.