Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat: Ganjar-Sandi Kombinasi Ideal Dan Saling Melengkapi Di Pilpres 2024

Jumat, 23 Desember 2022 21:33 WIB
Diskusi publik Teman Politik di Muyen Coffee, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (22/12). (Foto: Ist)
Diskusi publik Teman Politik di Muyen Coffee, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (22/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik sekaligus akademisi Yumelda Sari menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menparekraf Sandiaga Uno sebagai capres dan cawapres ideal di pilpres 2024. Menurut Yumelda, keduanya saling melengkapi satu sama lain.

Yumelda menyebut, Sandiaga Uno sebagai sosok yang menarik. Sebab, dalam hasil simulasi cawapres berbagai lembaga survei, nama Sandiaga selalu berada di atas.

Baca juga : Tekan Angka Kematian Ibu Dan Stunting, Menkes Canangkan Gerakan Bumil Sehat

"Yang paling memungkinan Ganjar itu untuk bersama (Sandiaga) karena saling melengkapi. Karena Anies, Prabowo, irisannya sama. Yang beda irisannya Ganjar dan Sandi. Makanya kombinasi ideal itu di sana bagi Ganjarnya ya kalau ingin menang," ujar Yumelda dalam diskusi publik Teman Politik di Muyen Coffee, Tebet, Jakarta Selatan seperti dikutip Kamis (22/12).

Lebih lanjut, Yumelda menjelaskan sosok Sandiaga Uno bisa diterima semua kalangan. Baik dari kalangan nasionalis maupun agamais.

Baca juga : Jika PDIP Gabung KIB, Duet Ganjar-Airlangga Bisa Menang Pilpres 2024

"Kalau Sandi elektabilitasnya sebenernya dia bisa main di semuanya karena dia bisa diterima di semua kelompok. Kelompok agama, nasionalis, kaum muda. Dia pengusaha dan dia pintar," ucap Yumelda.

Sementara itu, Ketua Ganjar Pranowo (GP) Mania Immanuel Ebenezer mengaku lebih sreg jika Ganjar berpasangan dengan Sandiaga Uno. Immanuel yang akrab disapa Bung Noel menyebut Sandiaga Uno mumpuni secara sosial dan politik.

Baca juga : Tenang, Deschamps Masih Aman Hingga Piala Eropa 2024

"Soal pengalaman jadi pejabat sudah, jadi pengusaha sudah, mendampingi siapapun sudah. Nah yang dia belum lakukan kan menjadi pendampingnya Mas Ganjar. Anak muda, pekerja, sangat energik," kata Noel yang juga merupakan Ketua Jokowi Mania (JoMan).

Selain Yumelda dan Bung Noel, acara ini turut dihadiri Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli dan dimoderatori Iwel Sastra. Adapun diskusi ini bertemakan 'Menakar Peluang Ganjar-Sandi'.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.