Dark/Light Mode

Cuaca Ekstrem, ASDP Utamakan Keselamatan dan Tingkatkan Layanan

Minggu, 25 Desember 2022 11:30 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Merak – Bakauheni, Sabtu (24/12/2022). Dalam tinjauan ini Menhub meminta PT ASDP Indonesia Ferry mengantisipasi potensi gangguan cuaca. (Dok Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Merak – Bakauheni, Sabtu (24/12/2022). Dalam tinjauan ini Menhub meminta PT ASDP Indonesia Ferry mengantisipasi potensi gangguan cuaca. (Dok Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memantau pergerakan pemudik pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2023 di Pelabuhan Merak – Bakauheni. Menhub meminta pada PT ASDP Indonesia Ferry dan seluruh pemangku kepentingan meningkatkan aspek keselamatan.

Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi potensi gangguan cuaca ekstrem seperti angin yang bertiup keras dan arus laut yang bergerak kencang.

"Gangguan cuaca ini akan mempengaruhi jadwal keberangkatan dan kedatangan kapal menjadi tidak pasti. Untuk itu kita harus menjaga aktivitas penyeberangan dari dermaga demi keselamatan penumpang” ujar Budi Karya Sumadi Sabtu (24/12/2022).

Merak – Bakauheni merupakan salah satu titik krusial yang berpotensi terjadi kepadatan penumpang dan kendaraan yang akan menyeberang di masa libur nataru.

Baca juga : PNM-Fatayat NU Jalin Kerja Sama, Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Untuk itu, antisipasi khusus perlu dilakukan untuk menjaga kelancarannya. Dalam tinjauannya, Menhub menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama segenap pemangku kepentingan yakni: TNI, Polri, Pemerintah Daerah, PT ASDP, BMKG, dan unsur terkait lainnya, untuk memastikan pergerakan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak – Bakauheni berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan juga mengedepankan aspek kesehatan.

Turut hadir Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian, Dirut PT ASDP Ira Puspadewi.

Selain kondisi cuaca ekstrem, Menhub juga meminta PT ASDP sebagai pengelola pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni untuk lebih meningkatkan upayanya dalam menjaga kelancaran proses keluar masuk kendaraan ke kapal, agar tidak terjadi kepadatan yang mengular.

Untuk mendukung kelancaran keluar masuk kapal, Menhub juga mengimbau masyarakat untuk membeli tiket secara daring, agar perjalanan lebih lancar dan nyaman.

Baca juga : Pemuda Mahasiswa Nusantara DIY Ajak Muda-Mudi Tingkatkan Daya Juang

Dirut ASDP Ira Puspadewi menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu sosialiasi penjualan tiket online via Ferizy, sehingga masyarakat semakin aware dalam melakukan reservasi tiket ferry.

"Alhamdullilah, terima kasih khususnya kepada media massa karena telah membantu sosialisasi tiket online Ferizy kepada masyarakat luas. Saat ini pengguna jasa yang menyeberang di Merak-Bakauheni periode Nataru dominan telah bertiket," ujarnya.

Terkait dengan arahan peningkatan kewaspadaan gangguan cuaca yang dapat berpengaruh pada layanan, Ira mengatakan bahwa ASDP terus meningkatkan koordinasi dengan BMKG.

Ira mengatakan, pihaknya selalu mendapatkan informasi yang akurat, yang dapat menjadi acuan ASDP dalam setiap kebijakan layanan.

Baca juga : Mahfud: Pasca Kanjuruhan, Perlu Jaminan Keamanan Dan Keselamatan Olahraga

Pihaknya juga menegaskan, ASDP sangat concern dengan aspek keselamatan seluruh pengguna jasa, dan berkomitmen untuk tidak mengabaikan aturan-aturan regulator terkait keselamatan dan tetap cermat dalam penetapan layanan prima kepada pengguna jasa.

"Kami mohon maaf jika terdapat kekurangan dalam pelayanan yang diberikan, tentunya kami akan terus berupaya memperbaiki dan terus meningkatkan kualitas layanan ASDP, yang lebih baik kepada pengguna jasa," tutur Ira.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.