Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hari Bela Negara

Jaga Kedaulatan, Lestari Ingatkan Pentingnya Nilai Kebangsaan

Senin, 19 Desember 2022 19:26 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penguatan nilai-nilai persatuan, semangat pantang menyerah dan gotong-royong untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia harus konsisten dilakukan untuk membangun semangat bela negara bagi setiap warga.

"Bela negara merupakan hak sekaligus kewajiban dari setiap warga negara, yang membutuhkan tekad dan sikap kuat bersama dari setiap anak bangsa dalam menjaga kedaulatan negara," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/12) memperingati Hari Bela Negara yang diperingati setiap 19 Desember.

Menurut Lestari, semangat bela negara merupakan salah satu pendorong yang sangat dibutuhkan bangsa ini agar mampu menghadapi berbagai tantangan dalam berbangsa dan bernegara.

Baca juga : Pusdok Tamaddun Tur Sejarah Perjuangan Syafruddin Prawiranegara

Apalagi, ujarnya, di era globalisasi saat ini semangat nasionalisme kalangan muda mulai terkesampingkan, dengan semakin derasnya informasi dan budaya global masuk.

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, diperlukan upaya agar nasionalisme anak bangsa tidak mudah tergeser, lewat penanaman nilai-nilai yang mampu membangun semangat bela negara sejak dini.

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu berharap para pemangku kepentingan di sektor pendidikan mampu merealisasikan program-program pendidikan yang mampu menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan membangun semangat bela negara kepada para tunas bangsa.

Baca juga : Yandri Minta Generasi Muda Siapkan Diri Lanjutkan Kepemimpinan Nasional

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun ajaran 2020/2021 tercatat 45,21 juta siswa di Indonesia yang menempuh pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah lanjutan tingkat atas.

Dengan program yang konsisten dan terukur, Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu yakin sistem pendidikan yang diterapkan mampu mengemban misi untuk membangun semangat nasionalisme bagi setiap anak bangsa.

Kolaborasi semua pihak, ujar Rerie, sangat diharapkan untuk merealisasikan dan mewujudkan keberhasilan sejumlah program penanaman nilai-nilai luhur bangsa ini kepada generasi penerus.

Baca juga : Kemenag Ingatkan Pentingnya Kurikulum Mitigasi Bencana

Karena, tegas Rerie, nilai-nilai kebangsaan yang kuat penting untuk dimiliki setiap warga negara sebagai landasan bersikap dalam menjawab tantangan persaingan global yang terjadi saat ini dan di masa datang. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.