Dark/Light Mode

Perbanyak Lapangan Kerja, Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Pengusahan Ciptakan Inovasi

Minggu, 25 Desember 2022 19:10 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkomitmen mendorong inovasi di bidang ekonomi kreatif atau parekraf. Dia menilai, upaya tersebut berdampak positif menurunkan angka pengangguran.

“Kita bisa dorong kebangkitan inovasi sehingga lebih banyak peluang usaha dan lapangan kerja bagi para pelaku ekraf,” kata Sandiaga Uno, dikutip Minggu (25/12).

Baca juga : Perkuat Kapabilitas Pemimpin, Kalbe Kerja Sama Dengan Monash University Indonesia

Menurutnya, salah satu yang bisa dikembangkan yakni pengembangan rest area yang bertepatan dengan libur natal dan tahun baru. Contohnya, lokasi istirahat di rest area 229B di Tol Kanci-Pejagan.

"Kalau ada beberapa produk yang berbeda satu sama lain, keunikan ini akan meningkatkan bukan hanya pengalaman, tapi kenangan. Nantinya rest area ini akan selalu menjadi buah bibir," tuturnya.

Baca juga : Sandiaga Uno: Saatnya Perempuan Setara, Menjadi Pahlawan Ekonomi Dan Keluarga

Sandiaga Uno menekankan para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) setempat agar menciptakan produk yang berbeda di lokasi istirahat itu. Caranya, dengan memberi pelatihan Program Bedah Desain Kuliner Nusantara (Bedakan).

Menurut eks Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, masyarakat mendatangi tempat peristirahatan hanya untuk istirahat, pergi ke toilet, salat, dan makan.

Baca juga : Kadin Indonesia Dorong Pelaku Usaha Kuatkan Perekonomian Indonesia

Padahal, tempat peristirahatan dapat menjadi jujukan pengunjung untuk membeli produk khas setempat. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.