Dark/Light Mode

Bikin Adem Suasana Jelang Pemilu 2024

Ganjar Gandeng Ulama Hingga Tokoh Masyarakat

Selasa, 27 Desember 2022 09:54 WIB
Gubernur Jatenf Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Gubernur Jatenf Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggandeng ulama hingga tokoh agama dalam memberikan suasana 'adem' menjelang Pemilu 2024 di Jateng. Menurut Ganjar, peran mereka sangat penting.

"Hari ini peran tokoh masyarakat juga penting untuk mengedukasi. Tokoh agama, ulama, termasuk dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah ini sangat aktif," kata Ganjar di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Kota Semarang, Jateng, Senin (26/12).

Baca juga : Jelang Natal 2022, Ganjar Berbagi Kebahagiaan Dengan Mahasiswa Asal Papua

Lebih lanjut, Ganjar menyebut pesan yang disampaikan ulama dan tokoh masyarakat selalu menyejukkan. Sehingga, kata Ganjar, masyarakat dapat memahami pentingnya persatuan Indonesia.

"Beberapa waktu lalu juga kita berkali-kali membuat halaqah bagaimana kita bisa menjalankan dengan baik. Maka peran, pesan, dari para sesepuh termasuk dari ulama juga penting," kata Ganjar.

Baca juga : Jelang Pemilu 2024, ISESS Minta Polri Segera Perbaiki Citra

Di samping ulama dan tokoh agama, Ganjar mengatakan bahwa pihak aparat juga selalu memantau perkembangan yang terjadi di masyarakat. Ganjar mengatakan, aparat penegak hukum juga punya peran edukasi.

"Tentu saja dari aparat penegak hukum mengikuti terus menerus, ngga pernah putus. Bahkan peta-peta daerah-daerah seluruh Jawa Tengah juga sudah ada. Tinggal kita mengedukasi," imbuhnya.

Baca juga : Tak Ada Alasan Ditunda, Pemilu 2024 Harus Lahirkan Pemimpin Beretika

Ganjar pun menyatakan Jateng siap menyelenggarakan Pemilu 2024 mendatang. Ganjar mengatakan, kesiapan itu didasari dengan pengalaman mengawal pesta demokrasi di tahun-tahun sebelumnya.

"Insya Allah siap (menyelenggarakan). Yang pertama kita sudah punya pengalaman berkali-kali ikut pemilu. Pemilu apapun, mulai Pilkades, Bupati/Wali Kota, Gubernur, Presiden, sampai DPR/DPRD sudah pernah," pungkas Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.