Dark/Light Mode

Jelang Piala Dunia 2022

Anak Didik Mou Tolak Panggilan Timnas Australia

Sabtu, 12 November 2022 07:00 WIB
Cristian Volpato. (Foto: Net).
Cristian Volpato. (Foto: Net).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wonderkid AS Roma Cristian Volpato menolak panggilan Timnas Australia yang akan tampil pada Piala Dunia 2022 Qatar.

Keputusan anak didik Mou-- panggilan pelatih AS Roma Jose Mourinho-- itu sontak menimbulkan spekulasi.

Salah satunya spekulasi itu menyebut gelandang kelahiran Camperdown, New South Wales, Australia, pada 15 November 2003 itu lebih memilih menunggu kesempatan membela Timnas Italia.

Meski lahir di Australia, Cristian Volpato tercatat sebagai warga negara Italia. Dia bahkan pernah tampil bersama Timnas U19 dan U20 Italia dalam beberapa kesempatan di tahun ini.

Situasi itulah kemudian membuat Cristian Volpato dikabarkan lebih memilih menunggu kesempatan tampil bersama Timnas Italia ketimbang membela Australia pada Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca juga : Piala Dunia U-20, DPR Cek Stadion Markas Bali United

Terkait spekulasi ini, Volpato mengatakan, saat ini dirinya sedang fokus pada perjalanan karier di AS Roma, dan tidak ingin tergesa-gess mengambil keputusan di level internasional.

“Sebenarnya saya baru saja memulai karier profesional dan saya bener-benar fokus untuk melanjutkan proses itu di Roma. Makanya, saya tak mau tergesa-gesa tentang masa depan saya di level tim nasional karena berisiko menjadi sangat prematur,” kata Volpato di akun Instagram pribadinya.

Sebelumnya, penolakan Volpato terhadap panggilan timnas Australia diungkapkan oleh sang pelatih, Graham Arnold.

Football Italia menulis, Graham Arnold selaku pelatih timnas Australia telah menghubungi Cristian Volpato untuk mengajak sang pemain tampil di Piala Dunia 2022.

Arnold berencana memasukkan nama Cristian Volpato dalam daftar 26 pemain timnas Australia yang akan berangkat ke Qatar untuk berlaga pada Piala Dunia Qatar.

Baca juga : Edinson Cavani Masuk, Ini 26 Pemain Timnas Uruguay

Namun, Volpato tak mengamini rencana Arnold dan menolak untuk bergabung ke skuad Australia.

“Dia (Volpato) mengatakan kepada saya bahwa dia ingin memikirkannya dan berbicara dengan orang-orang yang dekat dengannya untuk mencoba memahami apa yang terbaik untuk kariernya,” kata Graham Arnold.

“Dia kemudian memutuskan untuk menolak tawaran saya bermain bagi Australia di Qatar,” imbuhnya.

Sementara itu, Jose Mourinho selaku pelatih AS Roma juga telah berkomentar terkait polemik pemanggilan Volpato ke timnas Australia.

Jose Mourinho tampak membela sang pemain. Sebaliknya, dia menyindir pihak Australia yang terkesan membuat jalan pintas untuk Volpato.

Baca juga : PLN Tanam 5.000 Bibit Mangrove di KEE Teluk Panggang Jawa Timur

“Dia berada dalam fase pengembangan di mana saya pikir dia harus fokus membangun masa depannya dan bukan pada keputusan tertentu,” ujar Mourinho.

“Mungkin orang lain ingin mempercepat proses yang seharusnya tidak dipercepat,” tutur Mourinho. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.