Dark/Light Mode

Terbanyak Dari Jakarta

Sepanjang 2022, KPK Kantongi 4.623 Laporan Dugaan Korupsi

Selasa, 27 Desember 2022 16:39 WIB
Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka.
Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka.

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Direktorat Pelayanan Laporan dan Pengaduan Masyarakat (PLPM) menerima sebanyak 4.623 laporan dugaan korupsi sepanjang 2022.

Ribuan laporan tersebut diterima KPK lewat berbagai sarana mulai dari media sosial hingga aksi demonstrasi atau secara langsung.

"Selama 2022 KPK telah menerima 4.623 laporan, melalui email, KPK Wishtle Blowing System (KWS), langsung atau demonstrasi, media sosial, SMS, surat atau fax, maupun telepon," ungkap Wakil Ketua KPK Johanis Tanak, di Gedung Merah Putih KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (27/12).

Baca juga : Tahun 2022, KPK Tetapkan 149 Tersangka Kasus Korupsi

Dijelaskannya, laporan dugaan korupsi terbanyak berasal dari DKI Jakarta sejumlah 585 pengaduan. Kemudian, daerah Jawa Barat 429 laporan; Sumatera Utara 379 pengaduan; Jawa Timur 357 laporan; serta Jawa Tengah 237 pengaduan.

"Dari total 4.623 pelaporan, sejumlah 363 tidak memenuhi kriteria laporan dugaan tindak pidana korupsi sehingga diarsipkan, dan 4.260 dilanjutkan pada proses verifikasi," tutur komisioner berlatarbelakang jaksa ini.

Ditambahkannya, sebanyak 4.260 laporan masuk dalam kategori dugaan korupsi. Setelah disaring, sebanyak 4.055 laporan telah selesai diverifikasi. Hasilnya, 10 laporan ditindaklanjuti di internal lembaga antirasuah.

Baca juga : Sederhana Dan Merakyat, Ganjar Gaet Dukungan Komunitas Supir Truk Di Banten

"Dari hasil verifikasi 10 laporan diteruskan untuk ditindaklanjuti internal KPK karena berkaitan dengan tugas dan wewenang unit kerja lain di internal KPK," terangnya.

Adapun, 10 laporan yang berhasil diverifikasi tersebut diteruskan ke beberapa unit di KPK. Di antaranya, tiga laporan diteruskan ke Biro Humas KPK.

Kemudian, sebanyak dua laporan diteruskan ke Inspektorat KPK. Selanjutnya, tiga laporan masuk ke Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah.

Baca juga : Imbas Bom Bunuh Diri, Jalan Di Sepanjang Simpang Terusan Pasirkoja Hingga Astanaanyar Ditutup

"Penerusan ke Deputi Bidang Penindakan sebanyak satu laporan dan penerusan ke Deputi Bidang Penindakan dan Dewan Pengawas sebanyak satu laporan," ungkap Johanis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.