Dark/Light Mode

Sepanjang 2022, Pertamina EP Lakukan Pengeboran Intensif Dukung Ketahanan Energi Nasional

Senin, 14 November 2022 10:28 WIB
Foto: Dok. Pertamina PEP
Foto: Dok. Pertamina PEP

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina EP (PEP), sebagai bagian dari Subholding Upstream Pertamina sekaligus Kontraktor Kontrak Kerja Sama di bawah naungan SKK Migas, menunjukkan komitmennya untuk mendukung ketahanan energi nasional.

Memasuki triwulan III-2022 PT Pertamina EP intesif melakukan pengeboran sebagai salah satu cara untuk mempertahankan laju penurunan produksi alamiah. Awal tahun 2022, PEP berhasil melakukan empat tajak sumur yaitu B-2102, KRG-PA1, RNT-PRD9, STW-08 sebagai langkah awal untuk bisa memenuhi target pengeboran pengembangan dalam WP&B 2022 sebanyak 129 sumur.

Baca juga : Peran Ayah Bikin Pengelolaan Keuangan Keluarga Lebih Ideal

Hingga November 2022, PEP telah berhasil melakukan tajak sumur ke 100 pada tanggal 6 November 2022, yaitu sumur STE-09 di Field Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur dengan target produksi 200 BOPD.

Direktur Utama PT Pertamina EP Wisnu Hindadari menegaskan, Tajak ke-100 yang berhasil dilakukan merupakan pencapaian luar biasa. Karena PEP berhasil melakukan tajak pengeboran pengembangan hingga 100 pengeboran dan akan terus bertambah hingga akhir tahun.

Baca juga : Toyota bZ4X Meriahkan Pameran Kendaraan Elektrifikasi Di Bali

“Dari 100 pengeboran pengembangan yang dilakukan, PEP dengan wilayah kerja yang terdiri dari 22 Field di seluruh Indonesia, berhasil melakukan pengeboran sebanyak 50 sumur di Sumatra, 15 sumur di Jawa Barat, 34 sumur di Kalimantan dan 1 sumur di Papua,” ujar Wisnu dalam keterangan resminya, Senin (14/11).

Pengeboran dengan hasil produksi migas terbesar berasal dari sumur TPN-DZ20.2 Jambi Field dengan produksi minyak sebesar 1022 BOPD dan sumur BNG-D1 Prabumulih Field dengan produksi sebesar 921 BOPD.

Baca juga : Pertamina Pastikan Pasokan Energi Selama KTT G20 Bali Aman

Pengeboran pengembangan ini sambung Wisnu, melengkapi pengeboran eksplorasi yang telah dilakukan dengan tujuan mencari cadangan tambahan sumber daya migas baru.

Hingga triwulan III-2022, PEP telah berhasil menyelesaikan lima pengeboran eksplorasi dengan temuan sumber daya sebesar 96.84 MMBOE.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.