Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cek Di Sini, Prakiraan Cuaca Indonesia 30-31 Desember 2022

Kamis, 29 Desember 2022 21:33 WIB
Ilustrasi cuaca mendung (Foto: Hesty/RM)
Ilustrasi cuaca mendung (Foto: Hesty/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca di wilayah Indonesia tanggal 30-31 Desember 2022. Berikut rinciannya:

30 Desember 2022

Potensi hujan lebat

Terjadi di wilayah Banten bagian barat, DKI Jakarta bagian selatan, Jawa Barat bagian selatan, DI Yogyakarta, Jawa Tengah bagian selatan, Jawa Timur bagian selatan.

Potensi hujan sangat lebat:

Banten bagian utara dan selatan, DKI Jakarta bagian utara, sebagian Jawa Timur bagian utara

Baca juga : Cek Di Sini, Prakiraan Cuaca Jabodetabek 28-31 Desember 2022

Potensi hujan ekstrem:

Jawa Barat bagian utara, Jawa Tengah bagian utara

31 Desember 2022

Potensi hujan lebat :

Banten, Jawa Barat bagian tengah, Jawa Tengah bagian tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur bagian tengah dan selatan

Potensi hujan sangat lebat:

Baca juga : Bukan Badai, Begini Potensi Cuaca Jabodetabek 28 Desember 2022 Menurut BMKG

DKI Jakarta bagian utara, Jawa Barat bagian utara, Banten bagian selatan dan barat, Jawa Tengah bagian utara

"Selain Pulau Jawa, daerah yang perlu diwaspadai terjadi hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat pada periode 30-31 Desember 2022 adalah Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT)," kata BMKG dalam keterangannya, Kamis (29/12).

Masyarakat perlu mewaspadai adanya peningkatan kecepatan angin dan ketinggian gelombang terutama di wilayah utara Jawa hingga Nusa Tenggara, selatan Jawa hingga selatan Nusa Tenggara.

BMKG mengimbau pihak-pihak terkait untuk melakukan setidaknya tujuh persiapan. Pertama, memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya, agar siap mengantisipasi peningkatan curah hujan.

Kedua, melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng, atau penebangan pohon yang tidak terkontrol, serta melakukan program penghijauan secara lebih masif.

Ketiga, masyarakat pengguna transportasi angkutan penyeberangan perlu meningkatkan kewaspadaan, sebagai salah satu upaya adaptasi dan mitigasi kondisi tersebut.

Baca juga : Prodi HI Unas Kupas Perjalanan Politik Luar Negeri Indonesia 2022

Keempat, melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh, serta menguatkan tegakan/tiang agar tidak roboh tertiup angin kencang.

Kelima, menggencarkan sosialisasi, edukasi, dan literasi secara lebih masif untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian Pemerintah Daerah, masyarakat serta pihak terkait dalam pencegahan/pengurangan risiko bencana hidrometeorologi (banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung dan gelombang tinggi).

Keenam, lebih mengintensifkan koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometrorologi.

Ketujuh, terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG, secara lebih rinci dan detail untuk tiap kecamatan di seluruh wilayah Indonesia. Melalui website BMKG https://www.bmkg.go.id untuk prakiraan cuaca hingga level kecamatan, website: signature.bmkg.go.id, akun media sosial @infobmkg, aplikasi iOS dan android "Info BMKG", Call center 196 BMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.