Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Buntut Isu Reshuffle

PDIP - NasDem Mendidih

Kamis, 5 Januari 2023 08:00 WIB
Politisi PDIP Djarot Saiful Hidayat. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka).
Politisi PDIP Djarot Saiful Hidayat. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Hubungan PDIP dengan NasDem makin ke sini semakin runyam. Meskipun sama-sama masih tergabung dalam koalisi pendukung pemerintah, di depan publik kedua partai ini terbuka saling serang. Terkait isu reshuffle misalnya, PDIP-NasDem mendidih.

PDIP memang jadi satu-satunya partai pendukung pemerintah yang paling keras menyuarakan reshuffle kabinet. Bahkan, politisi PDIP Djarot Saiful Hidayat tak ragu-ragu menyarankan kepada Presiden Jokowi agar mendepak 2 menteri asal NasDem dari kabinet.

Tak hanya mendesak untuk melakukan reshuffle, sejumlah kader banteng juga kerap meminta NasDem keluar dari koalisi pendukung pemerintah. Alasannya, NasDem sudah mengusung Anies Baswedan sebagai capres yang disebut sebagai antitesa Jokowi.

Baca juga : Menunggu Reshuffle

Mendapat serangan-serangan itu, NasDem tidak tinggal diam. Para anak buah Surya Paloh tak hanya menjawab serangan, tapi gantian melancarkan serangan ke sejumlah kader PDIP.

Ketua DPP Partai NasDem Effendy Choirie atau akrab disapa Gus Choi dengan lantang menyebut Djarot dari PDIP seperti orang mabuk. Alasannya, Djarot mendesak menteri mundur yang mana reshuffle merupakan hak prerogatif presiden.

“Djarot mungkin baru minum pil apa ya, kok seperti mabuk. Maksa-maksa menteri NasDem mundur. Soal menteri hak prerogatif Presiden,” kata Gus Choi, kepada wartawan kemarin.

Baca juga : Gantinya Juga Dari NasDem

Gus Choi lantas menyarankan Djarot untuk minum obat yang menyehatkan fisik. Sehingga tidak terkesan menyimpan dengki. “Hindari makan obat yang bikin hati dan pikiran kemrungsung, hasud, dengki pada tetangga,” ujarnya.

Sejauh ini, Gus Choi menilai dua menteri NasDem yang disinggung Djarot itu memiliki kinerja yang baik. Kapasitas pribadi keduanya, juga tak kalah dengan menteri lain.

“Kinerja menteri-menteri NasDem top semua. Kapasitas pribadinya juga nggak kalah dengan menteri-menteri lain,” ujar Gus Choi.

Baca juga : Reshuffle, Jadi Nggak Sih..?

Sekjen NasDem Johnny G Plate yang juga Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) juga tidak tinggal diam. Johnny yang selama ini cenderung kalem, kini balik menyindir PDIP yang dianggapnya getol menyuarakan reshuffle kabinet.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.