Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mesra Di Istana Bogor

Jokowi Sopiri Anwar Ibrahim

Selasa, 10 Januari 2023 07:56 WIB
Presiden Jokowi menyopiri PM Malaysia Anwar Ibrahim keliling Kebun Raya Bogor, naik mobil bogie, kemarin. (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi menyopiri PM Malaysia Anwar Ibrahim keliling Kebun Raya Bogor, naik mobil bogie, kemarin. (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah hampir dua bulan jadi Perdana Menteri (PM) Malaysia, Anwar Ibrahim silaturahmi ke Presiden Jokowi, kemarin. Jokowi menyambut Anwar dengan sangat istimewa dan penuh keakraban. Selain disambut dengan sejumlah acara seremonial kenegaraan, Anwar diajak Jokowi keliling Kebun Raya Bogor, naik mobil boogie. Jokowi sopirnya, Anwar jadi penumpangnya. Duh mesranya pemimpin dua serumpun ini.

Ini merupakan kunjungan perdana Anwar usai dilantik sebagai PM Malaysia pada akhir November 2022. Indonesia sebagai tetangga dan negeri serumpun dari Malaysia, jadi target pertama kunjungan bilateral perdana PM Anwar.

Anwar tiba di Istana Bogor, kemarin, sekitar pukul 10 siang. Setibanya di halaman Istana, mobil limousine keluaran Mercedes Benz yang ditungganginya berjalan pelan diiringi pasukan berkuda dan marching band Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Selain itu, beberapa orang yang menggunakan pakaian adat ikut berjalan kaki di barisan tersebut.

Jokowi yang berdiri di halaman depan Istana menyambut Anwar dengan penuh keakraban. Sesaat kemudian, lagu kebangsaan Malaysia Negaraku dan lagu kebangsaan Indonesia Raya pun dikumandangkan. Disusul dentuman meriam sebanyak 19 kali. Baru kemudian kedua pemimpin itu, melakukan inspeksi jajar kehormatan.

Lalu, delegasi dari masing-masing negara dikenalin oleh kedua pemimpin ini. Mulanya Jokowi mengenalkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Tiba giliran menyalami Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Anwar yang menyapa Ketum Gerindra itu, spontan tertawa. Sontak diikuti juga oleh menteri-menteri lainnya.

Selain itu, ikut juga mendampingi Presiden, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Direktur Jenderal Asia,Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jaelani, dan Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono juga ikut dikenalin oleh Jokowi.

Baca juga : Presiden Jokowi Ajak PM Anwar Ibrahim Keliling Istana Bogor

Sementara dari Malaysia juga membawa rombongan yang terdiri dari Menteri Luar Negeri, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri, Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Malaysia, Wakil Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, dan Ketua Menteri Selangor.

Setelah itu, kedua pemimpin negara menuju Ruang Teratai untuk melakukan sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu. Usai berbincang sejenak di veranda Istana Kepresidenan Bogor, Jokowi dan Anwar menanam pohon Merawan di halaman belakang Istana.

Baru kemudian Anwar diajak Jokowi jalan-jalan menggunakan golf car. Anwar tampak senang diajak berkeliling Kebun Raya Bogor. Apalagi disopiri langsung oleh Jokowi. Sepanjang perjalanan, tampak keduanya berbincang akrab.

Tak puas ngobrol di golf car, Anwar lalu diajak Jokowi bicara empat mata di veranda belakang Istana Kepresidenan Bogor. Istilah yang lazim disebut sekarang; tête-à-tête. Baru kemudian keduanya berkenan menemui awak media.

Jokowi mengaku merasa terhormat, karena Indonesia jadi negara pertama yang dikunjungi oleh Anwar dan kembali mengucapkan selamat atas terpilihnya Anwar sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia. "Saya yakini hubungan Indonesia dan Malaysia akan semakin kuat," kata Jokowi, membuka pembicaraan.

Menurut Jokowi, Malaysia bukan sekedar tetangga dekat, melainkan juga merupakan bangsa serumpun dengan Indonesia.

Jokowi membeberkan beberapa isi pembicaraan antara dirinya dengan Anwar. Di antaranya, Jokowi mengaku senang atas tertariknya sejumlah investor Malaysia untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Selain juga ada MoU terkait perkapalan, ekspor-impor, energi hijau, pengembangan teknlogi baterai dan lainnya.

Baca juga : NasDem Pantang Tiru Langkah PAN

RI-1 juga menyambut baik perlindungan yang diberikan Malaysia kepada pekerja migran Indonesia. Ia berharap one channel system dalam perekrutan dan penempatan pekerja migran bisa dijalankan bersama.

Soal perbatasan kedua negara, sebut Jokowi juga disinggung dalam pertemuan itu. Diharapkan batas-batas kedua negara dapat bisa segera diteken tahun ini. Lalu dukungan Malaysia pada perjanjian Flight Information Region (FIR) Indonesia Singapura juga diapresiasi Jokowi, selain juga dukungan Malaysia dalam memerangi diskriminasi dan kampanye hitam terhadap sawit. Urusan ASEAN termasuk Myanmar, kedua kepala negara juga punya pandangan yang sama. "Kita sepakat junta militer Myanmar untuk mengimplementasikan five point consensus," kata Jokowi.

Anwar tampak emosional. Ia mengaku sangat terharu berkunjung ke Indonesia. Baginya, hubungan Indonesia dengan Malaysia bukan diplomatik biasa. "Saya agak sentimentil sedikit," kata Anwar. Spontan, Jokowi tersenyum mendengarnya.

"Bapak Presiden tahu, bahwa Indonesia ini ada tempat yang khusus di hati sanubari saya," sambung Ketua Partai Keadilan Rakyat (PKR) ini, lalu Jokowi tepuk tangan.

Anwar mengaku banyak belajar dari Jokowi saat keduanya bertemu empat mata. Meskipun, akunya, dari segi usia, dirinya lebih tua dari Jokowi. "Tetapi pengalaman beliau itu saya sangat hargai," ungkapnya.

Usai menyampaikan pernyataan pers, Jokowi dan Anwar bersalaman lalu berjalan menuju tempat jamuan makan siang. Lagi-lagi, Anwar mencandai Prabowo. Ia menunjuk ke arah mantan Danjen Kopassus itu sambil tersenyum. Lalu Prabowo langsung membungkukkan badannya ke arah Anwar.

CT Jadi Saksi Perjalanan Karier Anwar

Baca juga : Jokowi Diyakini Sedang Matangkan Reshuffle

Bos CT Corp, Chairul Tanjung yang akrab disapa CT mengaku jadi saksi hidup perjalanan hidup Anwar Ibrahim. Hal ini diungkap CT saat membuka CT Corp Leadership Forumdi Auditorium Menara Bank Mega, Jakarta. Anwar Ibrahim dan istri, Wan Azizah Wan Ismail hadir langsung di acara tersebut.

"Lebih dari 30 tahun, saya menjadi saksi perjalanan hidup Anwar Ibrahim. Mulai beliau menjadi menteri, wakil perdana menteri, lalu tidak duduk di pemerintahan, dan dipenjara tiga kali, karena perbedaan politik," ungkap CT.

Lika-liku perjalanan hidup Anwar--termasuk ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, kata CT, bisa menjadi pengalaman yang berharga untuk dibagikan. Salah satu orang terkaya di Indonesia ini pun mengucapkan selamat datang dan berterima kasih kepada Anwar Ibrahim, yang bersedia meluangkan waktunya dalam Leadership Forum tersebut. "Kami berterima kasih atas kehadiran Perdana Menteri Malaysia, sahabat Indonesia, sahabat kita semua," tutur CT.

Leadership Forum yang diikuti oleh berbagai kalangan ini, juga dihadiri Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla. Dari kalangan menteri, tampak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. Juga ada Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin, Staf Khusus Presiden Putri Tanjung, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Oedang (OSO), dan politisi Golkar Akbar Tandjung. Hadir juga mantan Menteri Perhubungan Hatta Rajasa, mantan Menteri Sekretaris Negara Yusril Ihza Mahendra, mantan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Bambang Soemantri Brodjonegoro, dan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Hendropriyono pun ikut hadir.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.