Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kalau Masuk Kabinet

Andika Pasnya Jadi Menteri Apa?

Selasa, 10 Januari 2023 08:00 WIB
Jenderal (Purn) Andika Perkasa. (Foto: Antara).
Jenderal (Purn) Andika Perkasa. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah purna tugas sebagai Panglima TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa digosipkan akan segera masuk kabinet. Apalagi saat ini momentumnya pas, Presiden Jokowi sudah kasih kode akan melakukan reshuffle kabinet. Pertanyaannya, kalau Andika masuk kabinet, pasnya jadi menteri apa ya?

Saat ini, reshuffle kabinet memang masih misteri. Kapan akan dilakukan dan siapa saja yang bakal keluar masuk dari kabinet, semuanya ada di tangan Presiden Jokowi selaku pemegang hak prerogatif. Namun, sejumlah kalangan memprediksi bahwa Jokowi tidak akan lama lagi melakukan reshuffle kabinet.

Baca juga : Pariwisata Mulai Bangkit

Terbaru, Jokowi menyebut reshuffle akan segera dilakukan, meski tanpa menyebutkan tanggal pastinya. “Besok. Ya besok. Bisa Jumat, bisa Senin, bisa Selasa bisa Rabu,” seloroh Jokowi, sambil tertawa kecil, saat mengunjungi Blok Rokan di Dumai, Riau, Kamis (5/1).

Menariknya, di tengah isu reshuffle yang menguat dan desakan agar NasDem keluar dari pemerintahan, muncul kabar baru kalau Andika akan ditarik sebagai menteri. Seberapa besar peluang tersebut? Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengatakan, hasrat Jokowi mengocok ulang kabinetnya mulai terlihat sejak NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan.

Baca juga : Cawapresnya Anies Umumkan Aja, Bos

Hasrat itu semakin tinggi, pasca sejumlah elit partai pendukung Pemerintah gencar melakukan provokasi. “Hanya saja, Jokowi tak sepenuhnya berani, karena bagaimanapun NasDem punya kontribusi dan bargaining yang cukup kuat,” ulas Dedi, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Soal Andika masuk kabinet, isu ini sebenarnya tak lepas dari dinamika pencapresan Anies. Ekspresi ketidaksukaan Jokowi pada mantan menteri pendidikan dan kebudayaannya itu sangat mencolok. Dimulai dari pernyataan akan ada tokoh gagal nyapres, hingga sering menyindir NasDem, termasuk tidak antusias pada partai yang dipimpin Surya Paloh dibanding partai lain.

Baca juga : Tanpa Nova, Ganda Campuran Jadi Lebih Mandiri

Kenapa Andika? Mantan panglima TNI ini diwacanakan punya kans besar mendampingi Anies melalui restu Partai Demokrat. Situasi ini yang kemungkinan membuat Jokowi berpikir untuk menarik Andika dari peluang untuk berduet dengan Anies di Pilpres 2024.

Lantas menteri apa yang pas buat Andika? Dilihat dari pengalamannya, kementerian apapun rasanya cocok. “Soal posisi, Andika dapat di mana saja, paling mungkin menggantikan posisi menteri NasDem, bisa saja menteri pertanian,” cetus Dedi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.