Dark/Light Mode

Erick Yakin, Porseni NU Bisa Terus Lahirkan Bibit Unggul Di Level Global

Senin, 16 Januari 2023 19:45 WIB
Dari kiri: Menteri BUMN Erick Thohir, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan putri Gus Dur Yenny Wahid dalam acara Pembukaan Porseni NU di Solo, Jawa Tengah, Senin (16/1). (Foto: Istimewa)
Dari kiri: Menteri BUMN Erick Thohir, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan putri Gus Dur Yenny Wahid dalam acara Pembukaan Porseni NU di Solo, Jawa Tengah, Senin (16/1). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, eksistensi Indonesia sebagai bangsa besar, yang masuk dalam 20 kekuatan ekonomi besar dunia, semakin diakui. Di tengah situasi ini, Nahdlatul Ulama (NU) terus menunjukkan peran pentingnya.

Dalam menjalankan perannya di kancah internasional, Nahdlatul Ulama (NU) memiliki prinsip yang senantiasa menjadi acuan warga Nahdliyin.

Yakni persaudaraan umat manusia atau ukhuwah insaniyah atau ukhuwah basyariyah. Di luar itu, ada ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam), dan ukhuwah wathaniyah (persaudaraan bangsa).

Baca juga : Hadiri Pertemuan IRENA, Menteri ESDM Bicara Keberlanjutan Transisi Energi Global

"Tahun 2045, ketika Kemerdekaan RI mencapai usia emasnya, Indonesia akan menjadi 4 besar kekuatan dunia, setelah China, India, dan Amerika Serikat," ujar Erick, Senin (16/1).

Karena itu, diperlukan sumber daya manusia yang tangguh dan unggul.

Dalam hal ini, NU memiliki salah satu perangkat yang dapat digunakan untuk mempersiapkan manusia-manusia tangguh dan unggul, yaitu Porseni. Seperti Porseni Harlah Seabad NU yang digelar di Solo, Jawa Tengah, hari ini.

Baca juga : Erick Yakin, Santri Makmur Kuatkan Ponpes Bangun Agribisnis

"Sudah saatnya  kita mengambil peran global. Peran NU semakin ditunggu," tegas Erick.

Bibit unggul NU sudah mulai terlihat, antara lain dengan munculnya beberapa atlet berprestasi tingkat dunia. Sebut saja Kiromal Katibin, pemecah rekor panjat tebing tercepat dunia di ajang International Federation of Sport Climbing (IFSC) 2022, Prancis.

"Kiromal Katibin, warga Nahdliyin merupakan hasil gemblengan Ibu Yenny Wahid. Beliau sangat serius membesarkan cabang olah raga ini. Saya yakin, akan muncul lagi bibit berprestasi lainnya," tutur mantan Presiden Inter Milan ini. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.