Dark/Light Mode

Peringati Hari Bakti Ke-77, Paspampres Gelar Fun Run Di Ring 1 Istana

Rabu, 18 Januari 2023 16:49 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengajak masyarakat untuk ikut dalam ajang Fun Run di sekitar kawasan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bakti ke-77 pasukan andalan Presiden tersebut.

Komandan Paspampres Marsda Wahyu Hidayat Sudjatmiko menyebut, kegiatan bertema ‘Setia Waspada Run’ ini menjadi salah satu bentuk keterbukaan agar masyarakat mengenal lebih jauh pasukan khusus itu.

Dia ingin mengubah stigma masyarakat soal Paspampres yang terkenal bermuka serius dan tegang.

Baca juga : Peringati 9 Tahun UU Desa, Mendes PDTT Gelar Selametan Di Desa Perbatasan

“Ini bentuk salah satu wujud bakti kita kepada masyarakat, jadi tidak hanya berupa kegiatan-kegiatan militer, tapi kita juga mau melaksanakan kegiatan olahraga," ujar Danpaspampres Marsda Wahyu Hidayat dalam konferensi pers, di Mako Paspampres, Jakarta Pusat, Rabu (18/1).

Wahyu berharap, kegiatan Fun Run ini dapat menyaring bibit-bibit atlet yang dapat dimanfaatkan nantinya oleh pemerintah. Sehingga, dia mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini.

"Sampai dengan hari ini sudah terdaftar 1.800 kalau tidak salah yang mendaftar. Mudah-mudahan target kita 4.000 (peserta) Kalau tidak salah, bisa terlaksana pada hari H-nya," jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Iye Rohadian selaku perwakilan Running Management menjelaskan konsep acara ini berniat untuk menghidupkan kembali kegiatan lari yang rutin dilakukan oleh komunitas pecinta lari. Ia menyebut, nantinya para peserta dapat berlari di kawasan Istana Merdeka.

Baca juga : Ganjar Milenial Center NTT Tanam 5.000 Bibit Pohon

"Jadi konsep event-nya itu, berlari di ring 1. Jadi memang sudah lama tidak ada event di Jakarta ini yang berlari di Monas, start-finish di Monas," beber Iye Rohadian.

Dia mengapresiasi Pemprov DKI Jakarta yang turut berpartisipasi dalam acara ini. Pihak Pemprov memberikan izin khusus untuk mengadakan kegiatan tersebut.

"Jadi, ini berterima kasih kepada Pemerintah Daerah DKI jakarta yang telah memberikan izin secara khusus untuk mempergunakan kawasan Monas dan sekitar, di CFD," jelas dia.

Sementara Ridwan Yudha Prasety selaku pihak penyelenggara menyebut, acara ‘Setia Waspada Run’ ini bakal diselenggarakan pada Minggu, 12 Februari 2023 mendatang.

Baca juga : Gugatan Hakim Agung Kandas

Akan ada dua kategori perlombaan, yakni kategori 10 km dan 5 km. Untuk rute 10 km, bakal start dan finish di Silang Barat Daya Monas.

Para pelari akan melewati Jl MH Thamrin, Sudirman, Bundaran HI, Balai Kota DKI, hingga kembali ke Monas.

"Yang istimewanya adalah kita melewati nanti Istana Presiden, Istana Negara. Fungsi tujuan acara ini untuk menciptakan hubungan masyarakat dan paspampres agar lebih humanis," kata Ridwan Yudha. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.