Dark/Light Mode

Dorong Daerah Lain Berinovasi

Ganjar Jempolin 5 Daerah Di Jateng Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

Jumat, 20 Januari 2023 15:59 WIB
Ombudsman Republik Indonesia (ORI) memberikan penghargaan kepada 5 kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang memiliki penilaian terbaik dalam hal pelayanan publik, serta penyediaan sarana dan prasarana terbaik untuk masyarakat, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Kamis (20/1). (Foto: Ist)
Ombudsman Republik Indonesia (ORI) memberikan penghargaan kepada 5 kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang memiliki penilaian terbaik dalam hal pelayanan publik, serta penyediaan sarana dan prasarana terbaik untuk masyarakat, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Kamis (20/1). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ombudsman Republik Indonesia (ORI) memberikan penghargaan kepada 5 kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang memiliki penilaian terbaik dalam hal pelayanan publik, serta penyediaan sarana dan prasarana terbaik untuk masyarakat.

Hal itu disampaikan langsung oleh ORI kepada bupati dan wali kota yang hadir dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan Opini Pengawasan ORI di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang turut hadir, menyampaikan apresiasi kepada bupati dan wali kota atas komitmen melayani publik dengan melakukan improvisasi, baik melalui kebijakan maupun perbaikan pelayanan.

Baca juga : Ganjar Terapkan Pengalaman Penanganan Pandemi Covid-19

"Saya senang dari ORI menilai dari luar dan kita mencoba melihat daerah-daerah yang layanan publiknya merah, sekarang sudah bisa hijau. Jadi kepala daerah, bupati wali kota juga melakukan improvement perbaikan pelayanan," kata Ganjar dalam keterangannya, Jumat (20/1).

Meski menjadi daerah terbaik dalam pelayanan publik, Ganjar meminta bupati dan wali kota untuk tetap memberikan inovasi kepada dalam hal pelayanan publik, baik kebijakan, fasilitas sosial, fasilitas umum hingga sarana prasarana.

Adapun yang menjadi perhatian Ganjar ihwal keluhan yang disampaikan masyarakat yakni pelayanan publik yang dilakukan sejumlah lembaga. Biasanya, warga mengeluhkan peraturan yang berbelit dan lama.

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar Bersih-Bersih Pantai Pekalongan

"Lembaga yang sering dikomplain, pendidikan, seperti pungli, semua membayar dan ini mesti dijelaskan. Lalu dinas sosial, mengurus bantuan sosial kok sulit, kemana kami harus mendapatkan jaminan. Pelayanan kesehatan, itu kok perawatnya menyebalkan," jelas Ganjar.

Oleh sebab itu, Ganjar berharap setiap kepala daerah tingkat bupati, wali kota, camat hingga kepala desa untuk bisa berkoordinasi perihal pertukaran program dan kebijakan yang ada di tiap daerah.

"Belajar pengalaman agar di antara mereka bisa sharing, sehingga lebih enak mereka memperbaikinya. Tidak perlu memikirkan biar dapat yang baru dan diperbaiki, contoh saja yang sudah ada dan itu akan lebih cepat," ucap Ganjar.

Baca juga : Fonterra Indonesia Raih Penghargaan Industri Hijau

Sebagai informasi, 5 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang mendapatkan penghargaan pelayanan publik terbaik dari ORI, yakni Pemkab Grobogan, Banyumas, Kendal, Kudus dan Tegal.

Sementara 5 Pemerintah Kota (Pemkot) yaitu Pemkot Magelang, Surakarta, Pekalongan, Tegal dan Salatiga.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.