Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jalankan Aktivitas Bisnis Berkelanjutan

Fonterra Indonesia Raih Penghargaan Industri Hijau

Senin, 9 Januari 2023 21:25 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Fonterra baru saja menerima penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin).

Penghargaan tersebut diberikan setelah memenuhi serangkaian persyaratan dan insentif keberlanjutan untuk membantu Indonesia menurunkan emisi karbonnya hingga 29 persen pada 2030 mendatang.

Operations Director Fonterra Brands Indonesia, M. Ali Nasution mengatakan, menjadi pemimpin dalam keberlanjutan adalah salah satu pilihan strategis yang telah dibuat perusahaan selagi mempersiapkan target 2030.

"Sistem berbasis padang rumput Selandia Baru telah membantu kami memberikan nutrisi produk susu rendah karbon untuk dunia," ujar Ali, seperti keterangan yang diterima RM.id, di Jakarta, Senin (9/1).

Baca juga : Moeldoko: Perlindungan Pekerja Migran Dari Rambut Sampai Kaki

Koperasi susu asal Selandia Baru yang memayungi beberapa brand produk susu tersebut berkomitmen memimpin transisi ke emisi GRK nol bersih untuk nutrisi susu, mengadopsi dan berinvestasi dalam praktik untuk memperbaiki lahan dan air, mengurangi limbah, serta melindungi kesejahteraan hewan.

Pada tahun 2020 lalu, Fonterra Indonesia mengimplementasikan sistem tenaga surya pertama untuk Fonterra di Asia Tenggara di fasilitas manufakturnya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

"Dengan meutilisasi energi panas dari matahari, sistem ini menggerakkan antara 15 hingga 25 persen kebutuhan energi fasilitas manufaktur tersebut dan telah mengurangi emisi CO2 fasilitas manufaktur tersebut hingga lebih dari 424 metrik ton per tahun," jelas Nasution.

Sementara itu, Plant Manager Fonterra Brands Indonesia Mohammad Aslam menerangkan bahwa menjaga dan meregenerasi lingkungan di komunitas Fonterra bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan sendiri, namun dibutuhkan upaya kolaboratif.

Baca juga : Ferrari Raih Penghargaan Pemain Muda Terbaik Periode Agustus

"Tahun ini, bahkan dengan adanya tantangan besar pandemi Covid-19, kami terus berusaha mengurangi jejak karbon di pabrik kami," jelasnya.

Saat ini, Fonterra telah berhasil mencapai target 30 persen lebih pengurangan emisi karbon melalui pemasangan solar panel dan penggunaan lampu LED.

"Kami juga telah mencapai 30 persen lebih pengurangan penggunaan air melalui pemanfaatan air hujan (rainwater harvesting) di pabrik kami," urainya.

Kepala Pusat Industri Hijau Kementerian Perindustrian Herman Supriadi menambahkan, berdasarkan data perusahaan industri peserta Penghargaan Industri Hijau tahun 2022, apabila seluruh industri besar dan menengah di Indonesia menerapkan prinsip industri hijau, diperkirakan potensi penghematan energi mencapai 30.921 Terajoule (TJ).

Baca juga : Pupuk Indonesia Group Raih 4 Penghargaan Proper Emas & 1 Proper Hijau

"Atau setara dengan Rp 9,8 triliun," tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.