Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Warga Kehormatan Marinir, Kapolri: Sinergitas TNI-Polri Makin Kokoh

Selasa, 24 Januari 2023 17:15 WIB
Foto: Divhumas Polri.
Foto: Divhumas Polri.

RM.id  Rakyat Merdeka - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengangkat Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan seluruh Kepala Staf TNI, sebagai warga kehormatan Korps Marinir.

Upacara pengangkatan digelar di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Selasa (24/1). Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin langsung upacara pengangkatan mereka sebagai warga kehormatan Korps Marinir.

Dia mengatakan, agenda ini sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa dalam memajukan TNI.

"Saya tekankan, ini atas jasa-jasa sumbangsih atas kemajuan TNI, khususnya TNI AL dan didalamnya ada Korps Marinir," ujar Yudo, di Pulau Damar Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Selasa (24/1).

Baca juga : Hima Persis Optimis, Sinergitas TNI-Polri Perkuat Sistem Keamanan Nasional

Sigit mengatakan, pengangkatan dirinya sebagai warga kehormatan Korps Marinir menjadi kebanggaan, baik untuk pribadi maupun institusi Polri.

Sebab, seorang prajurit Marinir memiliki tugas yang sangat berat dalam menjaga kedaulatan Bangsa Indonesia.

Pengangkatan ini juga makin melengkapi pembaretan dan pemberian brevet yang sebelumnya telah diterima dirinya dari TNI.

Di antaranya, warga kehormatan Kostrad, brevet Hiu Kencana, dan disematkan Baret Merah serta Brevet Komando dari Kopassus.

Baca juga : Kapolri: Wujud Kokohnya Sinergitas TNI-Polri

"Saya selalu katakan, saya menjadi polisi dan saat ini saya menjadi Kapolri. Namun di darah saya mengalir darah TNI, dan itu akan memperkuat soliditas dan sinergitas TNI-Polri ke depan akan semakin kokoh dan semakin baik," ujar Sigit.

Selain itu, pengangkatan dirinya sebagai warga kehormatan Korps Marinir ini juga menjadi bukti kokohnya soliditas dan sinergisitas TNI-Polri. Dia berharap soliditas dan sinergisitas itu terus mengakar di seluruh jajaran TNI-Polri. 

"Ini tentunya semakin menunjukan sinergitas dan soliditas TNI-Polri semakin hari semakin kokoh dan mantap," ucap eks Kabareskrim Polri ini.

Sinergitas dan soliditas TNI-Polri, dikatakan Sigit, merupakan hal yang sangat penting dalam menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal itu akan berpengaruh terhadap stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Baca juga : Kapolri: Jangan Ragukan Sinergisitas TNI-Polri Jaga NKRI

"Stabilitas kamtibmas akan semakin mantap manakala soliditas TNI-Polri semakin kokoh. Kedaulatan negara akan semakin mantap. Stabilitas kamtibmas dan politik diperlukan untuk menjaga NKRI semakin kuat dan baik," tutup Sigit. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.