Dark/Light Mode

KSAL Yudo Jadi Warga Kehormatan Kesultanan Tidore

Senin, 28 November 2022 10:03 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono (kedua kiri). (Foto: Ist)
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono (kedua kiri). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono menerima penganugerahan sebagai warga kehormatan Kesultanan Tidore dari Sultan Tidore H. Husain Sjah Suba Jou di Kedaton Kesultanan Tidore, Tidore, Maluku Utara, Sabtu (26/11) lalu.

Pemberian gelar Kapita Marinyo Ngolo Nyili Gulu-Gulu kepada Laksamana Yudo mempunyai arti Panglima Perang Laut Kesultanan Tidore di Wilayah Jauh. 

Baca juga : Ribuan Warga Maros Ramaikan Festival Nelayan

Dalam kesempatan ini, Yudo mengaku terhormat dan bersyukur menerima penganugerahan ini. Di mana penganugerahan ini merupakan suatu kehormatan baginya dan institusi yang dipimpinnya. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada Sultan Tidore dan Hulubalang Kesultanan Tidore yang telah mengangkat saya sebagai Panglima Perang Laut," kata Yudo, dalam keterangannya, Senin (28/11). 

Baca juga : Setelah Ekstradisi, Singapura Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Dengan Indonesia

Lebih lanjut, calon tunggal Panglima TNI itu menjelaskan bahwa Indonesia mempunyai wilayah laut yang sangat luas. Sehingga perlu pemimpin laut yang kuat untuk menjaga wilayah kedaulatan negara. Untuk itu, sebagai bagian dari Kesultanan Tidore, Yudo merasa ikut bertanggung jawab menjaga keamanan dan stabilitas wilayah Tidore secara keseluruhan. 

Pada kesempatan ini, Yudo juga memberikan bantuan sembako kepada para Hulubalang Kesultanan Tidore dan masyarakat sekitar. "Semoga dengan adanya kegiatan pemberian gelar ini, tali silaturahmi dengan masyarakat Tidore tetap terjalin erat," ungkap dia. 

Baca juga : Pendatang Baru Janji Tancap Gas

Sementara, Kesultanan Tidore mengaku pantas memberikan gelar Kapita Marinyo Ngolo Nyili Gulu-Gulu kepada Laksamana Yudo. Mengingat mayoritas masyarakat Tidore banyak menggantungkan hidup pada kemaritiman. Sehingga masyarakat Tidore mempercayakan gelar panglima tertinggi armada laut kepada Yudo agar dapat menjadi pemimpin yang menjaga wilayah kelautan. 

Kesultanan Tidore juga berharap hubungan baik TNI AL dengan penduduk setempat mampu memberikan manfaat nyata untuk turut serta berkontribusi menjaga wilayah laut NKRI.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.