Dewan Pers

Dark/Light Mode

Wali Kota Bandung Minta Perangkat Daerah Kebut Proyek Infrastruktur

Rabu, 25 Januari 2023 15:11 WIB
Wali Kota Bandung Minta Perangkat Daerah Kebut Proyek Infrastruktur

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mendorong seluruh perangkat daerah untuk menyelesaikan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023. Termasuk 26 Janji Wali Kota.

Tak hanya itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung juga akan fokus pada pembangunan infrastruktur.

Saat ini, Pemkot Bandung tengah fokus mewujudkan Bandung Caang Baranang melalui penambahan dan perbaikan Penerangan Jalan Umum (PJU) dan Penerangan Jalan Lingkungan (PJL).

"Kami berupaya menyelesaikan target RPJMD termasuk janji politik dan titik beratnya lebih kepada infrastruktur," kata Yana dalam Bandung Menjawab di Bumi Aki Heritage, Rabu 25 Januari 2023.

Lanjut Yana, untuk mengurai kemacetan, beberapa infrastruktur seperti fly over Ciroyom dan Nurtanio, tol dalam kota, serta pembukaan Exit Tol KM 151 juga diupayakan segera terselesaikan.

Berita Terkait : Bamsoet Diangkat Sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir

Pemkot Bandung juga mendorong perbaikan berbagai transportasi publik agar semakin aman dan nyaman.

"Kami membangun transportasi publik yang aman nyaman dan terjangkau. Kita dorong masyarakat menggunakan transportasi publik agar yang menjadi PR kita selesaikan bersama," katanya.

"Kemacetan di tahun 2022, alhamdulillah kami urai berbagai titik kemacetan dengan pembangunan fly over. Titik banjir kita urai, kami kejar target itu di tahun 2023," imbuhnya.

Termasuk penyelesaian masalah banjir dan sampah di Kota Bandung juga terus digulirkan, seperti penambahan kolam retensi dan rumah pompa.

Ada juga pembangunan kantor dinas, kecamatan, kelurahan, puskesmas, sekolah, dan berbagai program infrastruktur lainnya. Pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19 juga menjadi agenda tahun 2023.

Berita Terkait : Gandeng Adhi Persada Properti, Aparthouse Garap Proyek Andava @Pejaten

"Kami dorong terus teman-teman UMKM, terus berinovasi, karena pemerintah selalu hadir. Kami gulirkan program sertifikasi halal, uji mutu, izin dan pengemasan gratis," ungkap Yana.

Sektor pendidikan dan kesehatan juga menjadi fokus program Pemkot Bandung di Tahun 2023 melalui program Universal Health Coverage (UHC) dan beasiswa Rawan Melanjutkan Sekolah (RMP).

"Melalui UHC juga kita menjamin seluruh masyarakat mendapatkan akses kesehatan yang memadai. Juga anak usia sekolah yang harus sekolah, kita punya program beasiswa RMP. Yang lain kita juga perhatikan," jelasnya.

Yana bersyukur selama tahun 2022 berbagai program yang digulirkan Pemkot Bandung dapat berjalan sesuai rencana.

"Alhamdulilah cukup banyak capaian. Kita diapresiasi banyak pihak, sampai Desember 379 penghargaan. Meskipun penghargaan bukan tujuan, tapi mudah mudahan apa yang dilakukan Pemkot Bandung 'on the track'," ujarnya.

Berita Terkait : PTPN III Gandeng Polri Amankan Aset Dan Penegakan Hukum

Untuk itu, Yana mengajak masyarakat untuk turut serta dalam pembangunan di Kota Bandung untuk mewujudkan Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera, dan agamis.

"Dengan segala keterbatasannya, kami berupaya memenuhi seluruh aspek visi. Mari bersama membangun kota Bandung," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandung, Teddy Rusmawan mengapresiasi berbagai program yang digulirkan Pemkot Bandung sepanjang tahun 2022 dan berbagai program prioritas tahun 2023.

"Bersyukur hari ini kita lebih cepat untuk recovery untuk pembangunan di kota Bandung. Kita Apresiasi Pemkot Bandung. Ini harus didukung masyarakat. Yuk turun bareng-bareng," ajaknya.