Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Harlah Seabad NU Di Purbalingga

Jajaran PBNU Silaturahmi Ke Ponpes Keluarga Ganjar

Minggu, 5 Februari 2023 18:45 WIB
Jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) keluarga Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, yakni Ponpes Roudlotus Sholichiin Sukawarah di Karanganyar, Purbalingga, Jateng, Minggu (5/2). (Foto: Ist)
Jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) keluarga Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, yakni Ponpes Roudlotus Sholichiin Sukawarah di Karanganyar, Purbalingga, Jateng, Minggu (5/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) keluarga Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, yakni Ponpes Roudlotus Sholichiin Sukawarah di Karanganyar, Purbalingga, Jateng.

Ponpes Roudlorus Sholichiin didirikan oleh ulama kharismatik KH Hisyam Abdul Karim, kakek Siti Atiqoh yang merupakan istri Ganjar Pranowo. Saat ini, Ponpes yang berdiri sejak tahun 1929 itu diasuh generasi ketiga, yakni KH Achmad Musta'id Billah yang merupakan paman dari Siti Atikoh.

Kunjungan PBNU yang diwakili Wakil Sekretaris Jendral Isfandiari Mahbub Djunaidi itu merupakan rangkaian peringatan harlah satu abad NU di Purbalingga. Pengurus PBNU, PWNU Jateng, dan PCNU Purbalingga yang hadir melakukan ramah tamah dengan ratusan santri dan nahdliyin.

"Mbah Hisyam punya banyak sekali keturunan beliau yang menjadi orang-orang terpenting," kata Isfandiari, ditemui usai ramah tamah di lokasi, dikutip Minggu (5/2).

Baca juga : Kiai Muda Jatim Dukung Ganjar Silaturahmi Dengan Jemaah Tarekat Naqsyabandiyah

Isfandiari pun memuji perjuangan KH Hisyam Abdul Karim dalam berkhidmat di NU, terutama di wilayah Purbalingga. Menurut Isfandiari, KH Hisyam yang merupakan mertua Ganjar apranowo sangat berperan di awalpergerakan NU.

"Purbalingga ini banyak sekali kiai kharismatik yang memang dalam tanda kutip agak dilupakan oleh sejarah, salah satunya Mbah Hisyam. Nah, Mbah Hisyam ini dalam peradaban NU, di awal pergerakan NU memang sangat berperan dari jabatan Rais 'Aam nya sangat berperan," lanjutnya.

Lebih lanjut Isfandiari mengungkapkan, dari ramah tamah yang diceritakan, dijelaskan bahwa KH Hisyam pernah mendapat hadiah kitab Al Muwattha' dari Pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari. Dalam ramah tamah itu, kata Isfandiari, disebutkan bahws KH Hisyam dekat dengan KH Hasyim.

"Dan (Mbah Hisyam) salah satu yang dekat dengan Mbah Hasyim juga. Sehingga memang ada suatu kisah beliau dihadiahi kitab oleh Mbah Hasyim untuk meneruskan syiar kepada nahdliyin," ungkapnya.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Beri Bahan Bangunan Ke 40 Ponpes Terdampak Gempa Cianjur

"Jadi itu yang menjadi salah satu yang harus nahdliyin muda para generasi z bisa mensuri-tauladani sepak terjangnya beliau. Itu kesan saya tentang Mbah Hisyam, sehingga legasinya tetap ada di kalangan nahdliyin dan diteruskan semua kalangan," sambung Isfandiari.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Roudlorus Sholichiin KH Achmad Musta'id Billah menuturkan, kehadiran jajaran pengurus NU di Ponpes tersebut adalah sebuah anugerah. Menurut KH Achmad, silaturahmi kali ini adalah momentum yang mampu memberikan spirit bagi seluruh warga nahdliyin.

"Sulit diungkapkan bahwa kehadiran jajaran pengurus NU pusat dan cabang dalam rangka memeringati satu abad Nahdlatul Ulama membuat kami terharu sekaligus membanggakan. Semoga menjadi spirit bagi semua warga nahdliyin saat ini," pungkasnya.

Sebagai informasi, Pesantren Roudlotus Sholichiin Sukawarah merupakan salah satu pesantren tertua yang didirikan oleh KH Hisyam Abdul Karim pada tahun 1929. 

Baca juga : Tebar Kebaikan, Santri Dukung Ganjar Sumbang Bahan Bangunan Ke Ponpes Assalam

Pada masa perjuangan merebut kemerdekaan, Ponpes Roudlotush Sholichiin, bukan sekadar menjadi tempat mengaji berbagai macam kitab karya ulama-ulama salaf, tapi juga jadi ruang konsolidasi sekaligus tempat pengkaderan para pejuang Tanah Air melawan penjajah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.