Dark/Light Mode

Jalan Tol Hingga Istana Di IKN Sudah Digarap...

Senin, 6 Februari 2023 07:50 WIB
Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Foto: Kementerian PUPR)
Menteri Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. (Foto: Kementerian PUPR)

 Sebelumnya 
Sejumlah jalan yang telah selesai pembangunannya adalah Jalan Lingkar Sepaku Segmen 1, 2, dan 3 sepanjang 5,7 km.

Danis menyebut, konstruksi Jalan Lingkar Sepaku segmen 4 sudah mulai konstruksi. Ja­lan Lingkar sepaku segmen 4 memiliki total panjang 4,45 km dengan nilai kontrak Rp 181,79 miliar.

Berikutnya jalan yang dibangun adalah Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat dengan panjang jalan 2,99 km dan nilai kontrak Rp 671,97 miliar.

Baca juga : Bos IKN: 100 Investor Minat Investasi Di IKN Nusantara

Danis menyebut, progres Sumbu Barat telah mencapai 11,11 persen dan target penyele­saian 21 April 2024.

Selanjutnya, pembangunan jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur dengan total panjang 3,27 km dan nilai kontrak Rp 817,52 miliar.

“Untuk progres Sumbu Timur telah mencapai 2.68 persen dan waktu selesai kami targetkan selesai di pertengahan 2024,” katanya kepada awak media.

Baca juga : KPK Jebloskan Hakim Itong Isnaeni Ke Lapas Surabaya

Kementerian PUPR juga tengah membangun Jalan Tol Akses IKN yang tersambung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, tepatnya di KM 11.

Saat ini tengah diselesaikan Tol akses IKN Segmen 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 12,66 km, Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,32 km, dan Segmen 5A Simpang Tem­padung-Jembatan Pulau Balang.

Pembangunan ketiga jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan jalan menuju Ibu Kota Negara yang ditargetkan selesai 2024. ■JAR

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.