Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

IWAPI Kukar Siapkan UMKM Perempuan Sambut IKN

Selasa, 7 Februari 2023 20:29 WIB
Wakil Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Kutai Kartanegara, Indar Purwanti. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Kutai Kartanegara, Indar Purwanti. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Kutai Kartanegara, Indar Purwanti menilai, bahwa Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara adalah sebuah pemantik semangat bagi masyarakat lokal untuk bangkit maju.

"IKN akan memberi semangat baru bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju," kata Indah dalam keterangannya kepada wartawan di Sukaramai, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (7/2).

Dengan demikian, ia yakin bahwa IKN akan membuka peluang besar Indonesia menjadi negara maju dan bisa mewujudkan Indonesia Emas di 2045 mendatang.

"Sangat yakin dan optimis, bahwa pembangunan IKN bakal wujudkan Indonesia Emas di Kaltim," ujarnya.

Baca juga : Gempa Turki: 3 WNI Luka, KBRI Ankara Siapkan Penampungan

Kemudian, perempuan yang karib disapa Indah Guzel tersebut menilai, bahwa IKN Nusantara di Kaltim sebenarnya bukan untuk kepentingan sesaat saja, namun sebuah upaya untuk menjangkau kepentingan jangka panjang bangsa dan negara Indonesia.

"Nantinya IKN akan menjadi simbol kekuatan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045, yang mana Indonesia bisa sebagai poros ujung tombak negara maju di dunia," tandasnya.

"Ini pasti bisa terwujud jika IKN terus didukung oleh semua pihak," sambungnya.

Lebih lanjut, Indah meyakini bahwa kepindahan pusat pemerintahan dari DKI Jakarta menuju Kalimantan Timur bisa memberikan dampak yang besar kepada perubahan semua sektor.

Baca juga : Elnusa Siap Dilibatkan Dalam Pengembangan Sumur Kolibri

"Semua lini lembaga pusat, baik formal dan non formal juga akan ikut berpindah ke Kaltim, seperti industri dan perdagangan skala sedang dan besar," terangnya.

Untuk itu, ia pun menegaskan bahwa IWAPI tidak akan menyia-nyiakan kesempatan emas itu. Langkah dan upaya IWAPI Kukar dalam menghadapi IKN ke depan adalah dengan memberdayakan anggotanya yang berasal dari wanita pengusaha, dilanjut menyasar kepada pemuda dan anggota masyarakat umum.

"Untuk kalangan wanita pengusaha, akan dilatih kewirausahaan, sehingga potensi diri menjadi lebih baik lagi, di bidang ke wirausahawan," ucapnya.

Sebab kata Indah, peran perempuan pengusaha yang tergabung dalam IWAPI saat ini tentu menjadi sangat penting di IKN Kaltim, khususnya dalam menggali dan menumbuhkan kegiatan UMKM.

Baca juga : AHY Ngarep Sekretariat Perubahan Segera Dibentuk

"Sebagian besar, sektor UMKM dikendalikan oleh kaum pengusaha wanita di Indonesia," tambahnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.