Dark/Light Mode

BNPB: Gempa M5,4 Jayapura Tewaskan 4 Orang

Kamis, 9 Februari 2023 21:06 WIB
Kerusakan akibat gempa M5,4 di Jayapura, Papua, Kamis (9/2). (Foto: BNPB)
Kerusakan akibat gempa M5,4 di Jayapura, Papua, Kamis (9/2). (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, empat warga meninggal dunia akibat gempa bermagnitudo 5,4 di Kota Jayapura, Papua, Kamis (9/2).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid mengungkap, keempat korban ditemukan di antara puing bangunan kafe, yang roboh oleh guncangan gempa bumi.

Kafe tersebut berada di atas perairan di kawasan Kota Jayapura.

"Kafe ada yang roboh, empat meninggal. Bangunannya ada di pinggir talud, langsung jatuh ke laut," kata Asep seperti dikutip ANTARA, Kamis (9/2).

Baca juga : KPK Perpanjang Masa Penahanan Bambang Kayun

"Saat terjadi gempa bumi yang dirasakan kuat selama 2-3 detik, masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah," imbuhnya.

Pada saat menyampaikan laporan kepada Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Pusdatinkom) BNPB, Asep merasakan gempa susulan kembali terjadi.

Gempa bumi tadi dirasakan kuat selama 2-3 detik. Ini sekarang terasa guncangan gempa bumi sedang berjalan,” kata Asep.

Dia melaporkan, beberapa bangunan seperti rumah, fasilitas umum, dan fasilitas kesehatan, mengalami kerusakan.

Baca juga : Gempa Turki Tewaskan Lebih Dari 2.300 Orang, Jokowi Turut Berduka

Beberapa pasien RSUD Kota Jayapura terpaksa diungsikan ke halaman gedung, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat ini, tim BPBD Kota Jayapura bersama lintas instansi terkait masih mendata kerusakan atau korban jiwa.

Tim gabungan mendirikan tenda posko dan tenda darurat untuk evakuasi sementara.

“Kami di tim TRC sebagian memantau di lokasi. Kami bikin Posko untuk buat laporan. Selebihnya, tim BPBD Provinsi Jayapura juga bantu tenda di RSUD,” kata Asep.

Baca juga : Pasca Gempa, 92 Rumah Warga Tanimbar Maluku Rusak

Merujuk data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya diguncang gempa secara bertubi-tubi hingga 1.055 kali sejak 2 Januari 2023. Ada 120 kejadian yang terasa oleh masyarakat.

Dari data yang diterima BPBD Kota Jayapura, ada lima orang juga mengalami luka. Kantor Wali Kota Jayapura dan Mall Jayapura dilaporkan retak.

Asep mengimbau masyarakat agar tetap menghindari bangunan berlantai, untuk mengantisipasi gempa susulan.

"Warga diminta tetap waspada. Sementara waktu, hindari bangunan berlantai dan mencari titik kumpul seperti lapangan untuk evakuasi," katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.