Dark/Light Mode

Kakak Kandung Gus Baha Puji Cara Anies Peringati 1 Abad NU

Jumat, 10 Februari 2023 17:52 WIB
Bacapres Anies Baswedan saat ziarah ke makam KH. Zainul Arifin Pohan, salah satu muharrik Nahdlatul Ulama awal di Jakarta dan pahlawan bangsa di TMP Kalibata, Jakarta. (Foto: Instagram @Aniesbaswedan)
Bacapres Anies Baswedan saat ziarah ke makam KH. Zainul Arifin Pohan, salah satu muharrik Nahdlatul Ulama awal di Jakarta dan pahlawan bangsa di TMP Kalibata, Jakarta. (Foto: Instagram @Aniesbaswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - KH. Nasirul Mahasin Nursalim (Gus Mahasin) mengapresiasi Bakal Calon Presiden (Bacapres) Partai NasDem Anies Baswedan yang menyempatkan diri berziarah ke makam salah satu tokoh penting NU yang menjadi penyelamat Bung Karno saat perayaan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU).

"Di tengah kesibukan dan kepadatan jadwal Pak Anies keliling ke berbagai daerah dan mendiskusikan persoalan-persoalan kebangsaan, beliau menyempatkan diri untuk ziarah. Ini sangat kami apresiasi. Ketulusan Pak Anies sangat menyentuh. Ini bentuk mahabbah terhadap kiai dan menghormati tradisi pesantren," kata Gus Mahasin dalam keterangannya kepada RM.id, Kamis (10/2).

Kakak kandung Gus Baha itu menilai, langkah Anies ini menunjukkan bahwa Anies NU banget.

Baca juga : Pemprov DKI Dan Pemerintah Pusat Bahas Aset Negara Pasca Pemindahan IKN

"Pak Anies berziarah ke tokoh yang bagi sebagian besar warga NU sudah lupa. Ini sesuatu yang sangat berharga. Nggak ada lho calon presiden yang seperti ini kualitasnya. Ini artinya, Pak Anies ini NU banget," ungkapnya.

"Akhirnya kita mengingat kembali orang tua kita. Kita teringat lagi bahwa KH. Zainul Arifin ini tokoh penting NU periode revolusi kemerdekaan. Beliau yang menjaga stabilitas negara Indonesia sekaligus menjaga kepentingan umat Islam," kata tokoh NU pertama yang memberikan dukungan kepada Anies ini.

Gus Mahasin menarik dua pelajaran penting dari peristiwa ini. Pertama, bagi Nahdliyin untuk mulai mengenali kembali tokoh-tokoh penting NU di daerah yang mungkin sudah lama terlupakan dan menziarahinya.

Baca juga : Pakar: KUHP Baru Cerminan Jati Diri Bangsa

Kedua, sepanjang sejarahnya NU sudah terbukti menjaga Indonesia dari berbagai godaan untuk pecah, baik dengan argumen agama seperti DII/TII maupun argumen nasionalisme lainnya. NU memilih untuk mempersatukan Indonesia.

"Kedua semangat inilah inspirasi penting dari Anies untuk kita," kata Wakil Bupati Rembang periode 2000-2005.

Gus Mahasin menilai bahwa Anies memperingati 1 abad NU dengan cara yang khas sekali dengan ke-NU-annya. "Ini kan juga menunjukkan bahwa beliau itu seseorang yang menganut Aswaja," pungkasnya.

Baca juga : Pengusaha Brunei Darussalam Lirik Pembangunan IKN

Sebelumnya, Anies ziarah ke makam KH. Zainul Arifin Pohan salah satu penggerak (muharrik) Nahdlatul Ulama (NU) awal di Jakarta dan pahlawan bangsa. Ziarah ini dilakukan Anies tepat pada peringatan 1 abad NU yang jatuh Selasa (7/2).

Momen Anies berziarah ke makam KH. Zainul Arifin Pohan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibatan, Jakarta Selatan ini diunggah melalui akun Instagram-nya @aniesbaswedan.

"Tepat pada 1 abad Nahdlatul Ulama ini saya menyempatkan ziarah ke makam KH. Zainul Arifin Pohan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata. Beliau merupakan salah satu penggerak (muharrik) NU awal di Jakarta dan pahlawan bangsa," tulis Anies. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.