Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati HUT Ke-48

IWAPI Dorong Pengusaha Perempuan Indonesia Melek Digitalisasi Ekonomi

Jumat, 10 Februari 2023 17:59 WIB
Diskusi Peran Penting IWAPI di Usia ke 48 Tahun Dalam Mensukseskan Ketahanan dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023 dalam rangka HUT Ke-48, Jumat (10/2). (Foto: Istimewa)
Diskusi Peran Penting IWAPI di Usia ke 48 Tahun Dalam Mensukseskan Ketahanan dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023 dalam rangka HUT Ke-48, Jumat (10/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia atau IWAPI memperingati hari jadinya ke-48 tahun. Kali ini, tema yang akan diangkat adalah 'Peran Penting IWAPI di Usia ke 48 Tahun Dalam Mensukseskan Ketahanan dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023, Jumat (10/2).

Dalam usianya ke-48 tahun, IWAPI mendapat tantangan dan peran baru dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno.

Sandiaga mengatakan, pihaknya ingin menyentuh langsung peran IWAPI dalam membangun ekonomi negara, terutama mengembangkan UMKM.

"Saya ingin menyentuh peran IWAPI, kita perlu menambah 4,4 juta lapangan pekerjaan baru, itu berarti perlu ada 1 juta wirausaha baru, karena satu wirausaha itu sekitar 3 sampai 4 lapangan kerja. Ini sudah terukur pada RPJMN, saya berada dibawah pak Teten, kementerian Koperasi, bertanggungjawab untuk usaha mikro," tutur Sandiaga Uno di hadapan ribuan anggota IWAPI, Jumat (10/2).

Baca juga : Gebrakan Indonesia Ditunggu Di ASEAN

Dia menginginkan, IWAPI mengambil peran sebagai mitra pengembangan kewirausahaan secara nasional, hingga 2024 mendatang. Dengan begitu, rasio kewirausahaan di Indonesia bisa meningkat dari saat ini baru 3,7 persen.

Ditambah, UMKM lokal juga harus didorong dengan penguatan digitalisasi dan e-commers. Sebab saat ini peluangnya, Indonesia menjadi pertumbuhan digitalisasi dan e-commers terbesar se Asia Fasifik.

Sementara, menjawab tantangan tersebut, di hari yang sama IWAPI meluncurkan platform IWAPI Digital. Sebagai penyedia layanan untuk lebih dari 30 ribu anggota, lalu bisa dijadikan sebagai market place, website IWAPI, komunitas platform yang menyediakan vitur pelatihan kewirausahaan.

"Juga bisa dijadikan pertemuan antara pemodal dengan UMKM, semua bisa dilakukan di IWAPI Digital. Ini sebagai langkah kami mengembangkan UMKM agar naik kelas di tengah perkembangan teknologi ekonomi yang sangat pesat," tutur Ketua Umum IWAPI, Nita Yudi.

Baca juga : Lewat Pendidikan, KPK Dorong Peran Perguruan Tinggi Agar Korupsi Tak Berulang

Dengan meluncurkan platform baru tersebut, Nita Yudi mengatakan, perempuan pengusaha yang menjadi anggota IWAPI yang tersebar di 34 provinsi, siap memajukan ekonomi dalam negeri. Termasuk menjangkau pasar di luar negeri atau mancanegara.

Sebab menurutnya, walauoun masa pandemi Covid-19 sudah terlewati selama dua tahun lebih, ada tantangan ekonomi baru di masa endemi yang dimulai pada tahun 2023 dan seterusnya. Termasuk kewaspadaan akibat ketidakpastian ekonomi global akibat geopolitik.

"Kita ubah tanggapan tahun 2023 ini tahun yang gelap, suram, menjadi konfisi perekonomuan yang stabil dan positif. Ini akan membawa angin segar untuk para UMKM," katanya.

Bukan sekadar perayaan, Nita Yudi mengatakan, di tahun 2023 ini, IWAPI akan terus mengambil peran dalam membangkitkan ekonomi Indonesia dan juga Asia Tenggara.

Baca juga : Dubes Jepang Kanasugi Kenji Dukung Keketuaan Indonesia di ASEAN

"Kami sebagai organisasi wanita pengusaha terbesar di Indonesia dan juga diakui keberadaannya di Asia Tenggara, menargetkan, kita harus tetap bangkit, kita harus tetap optimis, sehingga kita dapat menciptakan generasi penerus yang kompeten," sebutnya.

"Jadi, tahun 2023 targetnya tidak ada kata gelap dalam ekonomi Indonesia, melainkan pertumbuhan ekonomi yang positif dan stabil," tutur Nita Yudi.

Sementara, di hari yang sama juga, DPP IWAPI mengangkat salah satu perempuan pengusaha ternama di Indonesia, Executive Chairwoman MNC Group Liliana Hary Tanosoedibyo, sebagai Dewan Konsultasi DPP IWAPI. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.