Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Agar Penuhi Rasa Aman Dan Nyaman

FAPSI Dorong Pembenahan Total Stadion Sepak Bola Indonesia Sesuai Standar FIFA

Kamis, 19 Januari 2023 08:49 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Forum Akademisi Penggemar Sepakbola Indonesia (FAPSI) mendorong adanya pembenahan total stadion sepak bola di Indonesia yang aman, nyaman dan sesuai standar FIFA.

Untuk itu, FAPSI menggelar seminar nasional bertajuk Revolusi Infrastruktur dan Mitigasi Konflik: Pembenahan Total Stadion, Kerusuhan Suporter dan Mafia Bola, di Ascent Premiere Hotel, Malang, Rabu, (18/1).

Dosen Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) Anggoro Putro mendukung pembenahan total stadion sepak bola Indonesia.

Baca juga : Raffi Ahmad: Nyali Pak Erick Bisa Bikin Sepak Bola Indonesia Jadi Bersih Dan Modern

Sebab, ke depan banyak even keolahragaan baik ditingkat nasional maupun internasional yang akan dilaksanakan di Indonesia sementara masih banyak stadion sepakbola yang belum memenuhi standar FIFA.

"Merujuk aturan FIFA, memiliki 11 standar yang membuat stadion tersebut layak menggelar pertandingan internasional yakni salah satunya pintu masuk dan keluar harus bisa dibuka dan ditutup dengan mudah untuk memudahkan akses masuk penonton," ucap Anggoro.

"Pintu masuk dan keluar stadion wajib dirancang dengan memperhatikan aspek kemudahan setiap penonton bergerak, kemudian pintu stadion wajib didesain yang tahan tekanan banyak orang serta wajib memiliki pintu darurat," sambungnya.

Baca juga : Sentralisasi Pemasaran Dorong Peningkatan Kinerja Pupuk Indonesia

Anggoro yang juga Kepala Satker PPP Wilayah II Jawa Tengah Kementerian PUPR itu mengatakan, saat ini pihaknya diminta untuk mengaudit kondisi stadion di seluruh Indonesia pasca terjadi tragedi Kanjuruhan.

Hal yang disorot adalah bagaimana standarisasi stadion sepak bola harus memenuhi beberapa parameter yang sudah ditetapkan serta mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan bagi para penonton, pemain maupun klub.

"Jangan sampai ada yang ketinggalan komponen-komponen, misalkan dressing roomnya atau medical security-nya sampai dengan ticketing areanya itu harus dipikirkan. Jadi harus dipikirkan bagaimana penempatan-penempatan ini proper dan sesuai dengan apa yang menjadi kriteria dari FIFA," tandas Anggoro.

Baca juga : PSSI Harus Bikin Roadmap Pembinaan Talenta Sepak Bola Indonesia

Sementara itu, dosen teknik sipil Universitas Mercu Buana Jakarta, Madjumsyah Hariadi mendorong agar organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melakukan pembenahan secara serius terhadap seluruh stadion yang ada di Indonesia.

Tragedi Kanjuruhan, menurutnya, harus dijadikan momentum untuk melakukan perbaikan stadion yang nyaman, aman bagi para penonton maupun pemain.

"Untuk mendapatkan stadion yang baik, nyaman dan aman harus diperhatikan dari sisi perencanaannya dulu. Perencanaannya itu kira-kira mau pakai material apa dan dia harus kuat, ada tahan terhadap pukulan benda keras," ujar Mardjumsyah usai mengikuti diskusi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.