Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dekat Dengan Elite PAN

Erick Potensial Diusung Jadi Cawapres Dari KIB

Senin, 13 Februari 2023 07:55 WIB
Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno. (Foto: Dok. DPR)
Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) mengamini pihaknya tengah mesra dengan Erick Thohir. Kemesraan ini, tidak menutup peluang Menteri BUMN ini meraih tiket cawapres dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dengan PAN sebagai salah satu inisiatornya.

“Kami berharap Erick Thohir bisa ikut berkontestasi di Pilpres 2024. Tentu, semakin dekat se­seorang dengan PAN, semakin erat juga hubungan kita dengan yang bersangkutan. Probabilitas (kemungkinan) sosok tersebut untuk diusung, sangat tinggi,” ujar Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Kemesraan itu diperlihatkan Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah itu kerap menghadiri acara PAN. Salah satunya, mendampingi Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas di acara PAN Sumatera Utara, Januari 2023.

Baca juga : Sifat Egaliter Erick Thohir Gampang Diterima Seluruh Lapisan Masyarakat

Nama Erick juga kerap mun­cul di akar rumput sebagai jagoan usulan daerah di bursa cawapres 2024. Nantinya, PAN akan mengusulkan nama jagoannya untuk di bahas di KIB bersama Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan(PPP).

“Pak Erick memang cukupsering hadir di kegiatan PAN. Hal tersebut semakin mengeratkan hubungan PAN dengannya. Tidak hanya dekat, bahkan terkesan bertandem dengan Pak Zul, dan seluruh kader PAN di seluruh Indonesia,” sebutnya.

Edy menyebut, sosok Erick Thohir sangat potensial men­jadi pemimpin nasional di Pemilu 2024. Indikatornya, Sang Menteri dianggap sebagai tokoh muda berpengalaman. Baik di sektor korporasi swasta, hingga memiliki reputasi di tingkat internasional.

Baca juga : Pengamat: Erick Cawapres Incaran Utama Parpol

Hal ini, katanya, sejalan dengan harapan PAN, yaitu tentang adanya tokoh muda yang bisa membawa Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi, terdepan di Asia, hingga menjadi model percontohan demokrasi di Asia, bahkan di dunia.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi. Menurutnya, Erick Thohir masuk radar sebagai Cawapres PAN di Pemilu 2024. Tidak hanya berbasis usulan kader, juga Erick Thohir sangat dekat dengan pribadinya dengan Zulhas.

“Erick sama bang Zul itu kaya ade kakak, sama-sama orang Lampung. Dan Erick kan punya visi. Nanti kita lihat lah. Kan masih lama. Masih Februari ini,” ujar Viva.

Baca juga : Kutip Nelson Mandela, Relawan Anies Ajak Pendukung Capres Tak Saling Membenci

Ihwal ini, Direktur Lembaga Riset dan Konsultasi Political Literacy Desk (Polldesk) Faisal Riza menilai Menteri BUMN Erick Thohir sangat pas jika menjadi Cawapres dari KIB. Asumsinya, Sang Menteri bisa menjembatani komunikasi par­tai-partai politik yang tergabung di KIB. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.