Dark/Light Mode

Buka Ajang Talenta Wirausaha BSI

Erick: Santripreneur Kudu Jadi Motor Baru Ekonomi

Jumat, 20 Januari 2023 07:30 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Antara).
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendukung ajang Talenta Wirausaha BSI (TWB) 2023. Diharapkannya, kegiatan tersebut melahirkan banyak pengusaha dari pesantren (santripreneur).

TWB 2023 diselenggarakan PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI. Di penyelenggaraan tahun kedua ini, BSI memper­luas kepesertaan yakni mem­berikan ruang untuk santri untuk ikut ajang pencarian talenta pengusaha dari kalangan Mus­lim. Kategori ini dipilih seiring komitmen perseroan untuk men­dorong terbentuknya Islamic Ecosystem secara menyeluruh. Salah satunya pengembangan ekonomi syariah berbasis klaster pesantren.

Erick bilang, santripreneur dan muslimpreneur merupakan penggerak industri halal di In­donesia.

“Mereka nantinya menjadi penggerak ekonomi dan berkon­tribusi dalam membawa Indonesia menuju negara maju,” kata Erick dalam Grand Launching TWB 2023 di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Gelar Talenta Wirausaha BSI 2023, BSI Perkuat Islamic Ecosystem Lewat Santripreneur

Mantan bos Klub Inter Milan ini menuturkan, keikutsertaan santri dalam TWB 2023 sejalan dengan kebutuhan Indonesia untuk memperkuat kapabilitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Penguatan SDM tersebut dibu­tuhkan untuk mengisi empat kekuatan ekonomi Indonesia. Yaitu, Sumber Daya Alam (SDA) di hilirisasi dan industrialisasi, ketahanan pangan, ekonomi kreatif dan ekonomi digital.

“Saya harap santri-santri di pesantren yang mengikuti Talenta Wirausaha BSI 2023 ini akan lahir menjadi muslimpreneur tangguh,” ujarnya.

Pendiri Mahaka Group ini pun menegaskan, tidak boleh menganggap remeh anak muda yang menjadi kekuatan be­sar ekonomi. Terutama dalam kaitannya dalam pengembangan kekuatan ekonomi syariah ber­basis santripreneur.

Baca juga : Erick: BUMN Siap Jadi Pembeli Siaga Bahan Pokok

Untuk itu, ia menyarankan para wirausaha muda dan santripreneur memanfaatkan kesempatan platform TWB ini. Khususnya demi mewujudkan satu langkah bersama untuk membuka lapangan kerja usaha bagi masyarakat.

“Dan membawa Indonesia lebih maju,” imbau Erick.

Senada, Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengapresiasinya kegiatan BSI tersebut.

Program Talenta Wirausaha BSI sejalan dengan target Pe­merintah menciptakan 1 juta UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) pada 2024.

Baca juga : Ketua MPR Ajak Pengusaha Muda Alumni Trisakti Bangun Ekonomi Nasional

Teten juga mengapresiasi kategori santri pada penyeleng­garaan Talenta Wirausaha BSI 2023. Sebab, Pemerintah telah komit untuk membantu pondok pesantren agar mandiri secara ekonomi.

“Saya yakin program seperti Talenta Wirausaha BSI dapat membantu akselerasi terciptanya UMKM dan pembukaan lapangan kerja, khususnya pada ekosistem ekonomi syariah,” ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.