Dark/Light Mode

Gelar Pelatihan Olah Jahe Dan Kunyit

Jaringan Sandi Uno Dorong UMKM Cirebon Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Selasa, 21 Februari 2023 05:19 WIB
Aksi Jaringan Sandi Uno menggelar pelatihan olahan jahe dan kunyir menjadi komoditas tinggi di Aula TSM Sport Center (TSC), Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Senin (20/2). (Foto: Ist)
Aksi Jaringan Sandi Uno menggelar pelatihan olahan jahe dan kunyir menjadi komoditas tinggi di Aula TSM Sport Center (TSC), Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Senin (20/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tanaman jahe maupun kunyit dipilih untuk dibudidayakan karena dinilai mudah dikembangkan dan cepat menghasilkan rupiah. Oleh karena itu, Aksi Jaringan Sandi Uno terus mendorong penciptaan lapangan kerja melalui komoditas rempah yang bernilai ekonomi.

Ketua Aksi Jaringan Sandi Uno Cirebon, Diah mengatakan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan perekonomian daerah. Menurutnya Cirebon sebagai salah satu penghasil rempah jahe dan kunyit, sehingga dapat membuka peluang usaha yang bagus.

"Kami memberikan pelatihan untuk memperdayakan UMKM yang ada di Cirebon, untuk menaikkan taraf hidup mereka. Karena Cirebon bersumber daya jahe dan kunyit, itu bisa membuka peluang kerja," kata Diah di Aula TSM Sport Center (TSC), Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Senin (20/2).

Baca juga : Emak-emak For Sandi Uno Gaspol 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Diah mengakui program pendampingan seperti ini akan terus dilakukan. Dikarenakan dapat membantu penghasilan masyarakat daerah, khususnya di Cirebon. 

"Program berkelanjutan ini akan kita dampingi agar UMKM berdaya saing tinggi dan menambah penghasilan lebih," jelas Diah.

Sandiaga Uno dinilai Menteri yang merangkul pelaku-pelaku usaha. Menurut Diah, pemimpin sepertinya yang dibutuhkan oleh rakyat Indonesia.

Baca juga : Hore, Penjualan Produk UMKM Bandung Meningkat 50 Persen

"Menteri Sandiaga Uno sosok yang memikirkan UMKM, beliau aktif dan ikut terjun langsung bertemu dengan para pelaku usaha yang ada di daerah-daerah, tidak banyak pemimpin seperti ini. Kita harus pilih pemimpin yang benar-benar memperhatikan rakyatnya, UMKM, serta laju ekonomi bangsa," ungkap Diah.

Salah satu peserta pelatihan Hadi, 49, menjelaskan program Aksi Jaringan Sandi Uno dapat mendukung pelaku UMKM untuk berkembang. Ia pun berharap akan ada pelatihan lainnya.

"Program ini sangat mendukung pelaku UMKM yang ada di Cirebon. Sangat berarti bagi saya memiliki bisnis popcorn rumahan. Kami berharap ada pelatihan-pelatihan pendampingan lainnya untuk mengembangkan wirausahawan," ucap Hadi.

Baca juga : Gelar Pelatihan Membatik, BKI Dukung Sertifikasi Produk Forum UMKM Bogor

Selain Hadi, peserta pelatihan lainnya mengucapkan terima kasih kepada Aksi Jaringan Sandi Uno dan Sandiaga Uno yang telah memberikan pelatihan bermanfaat. 

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Rumah Pemenangan Sandi Uno dalam mendukung peluang usaha di daerah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.