Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ada 16 Ruas Tol Baru

Mudik 2023, Semoga Lancar

Jumat, 24 Februari 2023 06:45 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Antara).
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah bekerja cepat hadapi mudik Lebaran. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi jumlah pemudik pada momen Lebaran 2023 sebanyak 80 juta orang. Jumlah tersebut menurun dibanding 2022 sebanyak 85 juta orang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, besarnya jumlah pemudik 2023 disebabkan kar­ena kasus Covid-19 sudah mereda dan tidak ada lagi pembatasan kegiatan masyarakat, serta kondisi ekonomi yang membaik. Karena itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiap­kan penyelenggaraan mudik sejak awal tahun.

“Pengelolaan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini sangat menantang, bagaimana mengendalikan lonjakan pergerakan orang yang prediksinya mencapai 80 juta orang,” kata BKS-sapaan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Ada Apa Antara Bu Mega Dan Jokowi?

BKS mengatakan, persiapan mudik tahun 2023 dilakukan dengan belajar dari evaluasi mudik tahun 2022. Kemenhub te­lah mengidentifikasi sejumlah titik krusial serta bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. “Dengan pengalaman empiris tahun sebelumnya, kami telah mengidentifikasi sejumlah titik krusial yang berpotensi terjadi masalah jika tidak ditangani baik,” ujar BKS.

Menurut dia, sejumlah hal penting yang telah diidentifikasi, yaitu jalur tol Jakarta ke arah Jawa Tengah, seperti Tol Cipali yang menjadi titik krusial selama arus mudik maupun balik.

Baca juga : Awali Tahun, Ganjar Gowes Cek Banjir Di Semarang

Selain itu, BKS mengatakan, akan ada penambahan rest area di jalur tol dari Jakarta ke arah timur perlu dilakukan, karena jumlahnya dinilai kurang.

Selanjutnya, di Pelabuhan Penyeberangan Merak yang pada penyelenggaraan mudik tahun lalu sempat terjadi kepadatan.

Lalu, konektivitas udara yang dipredik­si akan terjadi kepadatan di sejumlah bandara yakni Bali, Makassar, Surabaya, dan Medan.

Baca juga : Hadapi Nataru, PUPR Siapkan 9 Ruas Tol Baru di Jawa dan Sumatera

Netizen menyambut baik kerja Pemerintah yang telah menyiapkan sejak awal sarana dan prasarana dalam menghadapi momen mudik Lebaran 2023. Salah satunya 16 ruas tol baru.

Akun @podcast_tyler mengatakan, menjelang Ramadan dan mudik Lebaran tahun 2023, sejumlah persiapan tengah dilakukan Pemerintah. Salah satu fokus­nya, menyiapkan sarana dan prasarana di Pelabuhan Merak.

“Juga titik utama mudik darat Jawa-Sumatera,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.