Dark/Light Mode

Berhadiah Rp 150 Juta, Piala Basket Puan Maharani 2022 Siap Digelar

Selasa, 30 Agustus 2022 22:06 WIB
Ketua Pelaksana Kejuaraan Basket Puan Maharani 2022, Aminullah (ketiga kiri) memberikan keterangan persiapan turnamen basket yang akan digelar di 3 lokasi, Selasa (30/8)
Ketua Pelaksana Kejuaraan Basket Puan Maharani 2022, Aminullah (ketiga kiri) memberikan keterangan persiapan turnamen basket yang akan digelar di 3 lokasi, Selasa (30/8)

RM.id  Rakyat Merdeka - Piala Basket Puan Maharani 2022 siap dimulai. Sebanyak 20 peserta akan ikut ambil bagian pada Turnamen Basket Antar Perguruan Tinggi memperebutkan Piala Puan Maharani yang akan digelar di tiga tempat.

Panitia pelaksana (Panpel) siapkan hadiah dengan total 150 juta untuk sang juara. Event secara nasional tersebut akan digelar pada 9-18 September di Gelanggang Soemantri Brojonegoro Kuningan, Gor Basket Bulungan, dan Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan.

"Saat ini sudah 20 peserta yang sudah mendaftarkan diri dari 50 perguruan yang kita undang," ujar Ketua Palaksana Piala Puan Maharani, Aminullah kepada wartawan, Selasa ( 30/8).

Aminullah menambahkan, panitia membatasi usia mahasiswa yang lahir setelah Januari 1999 dan aktif sebagai mahasiswa serta terdaftar di perguruan tinggi dengan melampirkan beberapa dokumen. 

Baca juga : Bersama DPRD, Wali Kota Bandung Teken Perubahan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2022

Panitia pelaksana juga membatasi setiap peserta yang menggunakan pemain profesional (IBL). Panitia lanjut Aminullah, hanya memperbolehkan memasukkan tiga nama setiap tim dan hanya dua orang saja yang dapat bermain di lapangan. 

Lebih jauh dikatakan Aminullah, event ini sudah melakukan konsultasi dengan Ketua Umum  Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) untuk mendapatkan masukan terkait dengan event turnamen Bola Basket Puan Maharani Cup 2022. 

"Melalui event ini berharap semakin banyak perguruan tinggi memiliki Klub basket yang tentunya dapat memberi kontribusi bagi prestasi Bola Basket Nasional serta akan menambah Perguruan Tinggi yang memberikan Bea Siswa kepada Atlet Bola Basket," ujarnya.

Aminullah mengungkapkan, turnamen tersebut juga sebagai upaya menghidupkan kembali euforia bola basket yang mati suri selama pandemi Covid-19.

Baca juga : Dukung Esport, Infinix Gelar Gaming Master 2022

Tidak hanya itu, kemenangan timnas bola basket pada SEA Games Vietnam juga menjadi latar belakang turnamen yang memperebutkan Piala Ketua DPR RI itu agar prestasi terus berlanjut.

"Turnamen ini juga diharap dapat menambah perguruan tinggi yang memberikan beasiswa kepada atlet bola basket," kata Aminullah.

Hal senada disampaikan pelatih kepala tim bola basket Universitas Indonesia, Murie Andrie. Dia mengatakan, turnamen ini menjadi tempat menguji kemampuan tim yang telah dibentuk, sekaligus mewujudkan target.

"Selama pandemi 2020 kami tetap aktif latihan walaupun tidak ada turnamen. Pada 2020 sampai 2022 Kami mendapat tim yang lumayan, kita ingin mencoba menembus ke level elit," kata Murie.

Baca juga : Rakyat Miskin Tak Punya Rumah Naik Setiap Tahun

"Untuk mahasiswa 2020-2022 turnamen ini adalah acara yang ditunggu-tunggu. Turnamen ini juga akan menambah kepercayaan diri para pemain yang akan bertanding bersama pemain IBL. Tanpa ada turnamen di level mahasiswa talenta-talenta itu sulit dicari," imbuhnya.

Perhelatan Puan Maharani Cup 2022 akan digelar di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro, Kuningan. Untuk babak penyisihan akan dilaksanakan di GOR Basket Bulungan, dan Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK) untuk babak semifinal dan babak final.

Selain mendapatkan Piala, Medali, dan sertifikat, pemenang juara akan diberikan hadiah dengan sebesar Rp 150.000.000.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.