Dark/Light Mode

Majukan Ekonomi Masyarakat Bengkulu

Espas Sandiaga Uno Gelar Pelatihan Bikin Sirup Jeruk Kalamansi

Minggu, 26 Februari 2023 20:16 WIB
Espas Sahabat Sandiaga Uno menggelar pelatihan membuat sirup Jeruk Kalamansi di Festival Kuliner Bencoolen Mall, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu, Minggu (26/2). (Foto: Ist)
Espas Sahabat Sandiaga Uno menggelar pelatihan membuat sirup Jeruk Kalamansi di Festival Kuliner Bencoolen Mall, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu, Minggu (26/2). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jeruk kalamansi merupakan sesuatu yang sudah melekat dan merakyat di Bengkulu. Oleh karena itu, Espas Sahabat Sandiaga Uno meningkatkan permintaan terhadap komoditas untuk dijadikan bahan sirup. 

Ketua Espas Sahabat Sandiaga Uno Bengkulu, Teteh Adel mengatakan langkah tersebut dilakukan, untuk menjadikan jeruk kalamansi sebagai ikon pariwisata Bengkulu. Tak hanya itu, antusias peserta mengikuti pelatihan dapat lebih cepat membangkitkan ekonomi dan terciptanya peluang usaha di daerah.

"Pembuatan sirup kalamansi dapat bermanfaat bagi masyarakat Bengkulu agar terus berinovasi menciptakan peluang usaha. Jeruk kalamansi sama seperti jeruk yang lainnya, tetapi mempunyai keunggulan air lebih banyak. Ini ciri khas Bengkulu, mudah-mudahan bisa memperluas ke daerah-daerah lainnya di Indonesia," kata Adel di Festival Kuliner Bencoolen Mall, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu, Minggu (26/2).

Baca juga : Srikandi Ganjar DIY Gelar Pelatihan Membuat Buket Balon

Adel menyampaikan emak-emak di Bengkulu sebagai penopang pendapatan keluarga. Adanya pelatihan ini diharapkan mereka dapat memperoleh pengetahuan dan berkeinginan memulai wirausaha.

"Emak-emak di Bengkulu sebagaian besar penopang rumah tangga. Jadi diadakannya pelatihan ini, diharapkan mereka bisa berkarya dan menciptakan lapangan kerja disekitar," tandas Adel.

Sandiaga Uno dikenal sosok yang memiliki bukti nyata melalui program-programnya. Sehingga pelatihan ini akan terus didampingi untuk mengenalkan ikon Bengkulu kepada masyarakat luas.

Baca juga : Ekonomi Bali Mulai Pulih, Sandiaga Uno Targetkan Pelaku UMKM Go Global

"Bang Sandi keren, karena programnya sampai kepada masyarakat, buktinya jelas. Kegiatan hari ini baru pembuatan alat manual, untuk produksi yang banyak Bang Sandi dapat membantu dalam segi alat sampai ikon Bengkulu melejit," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang peserta pelatihan Elpa Susyanti, 39, menjelaskan program tepat manfaat ini dapat menjadi solusi dalam menciptakan lapangan kerja baru di Bengkulu. Menurutnya hasil bumi dapat diolah sebagai daya tarik wisatawan.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk emak-emak membudidayakan hasil bumi sendiri, dijadikan sirup kalamansi. Semoga kami menjadi pengusaha untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Bengkulu," jelas Elpa.

Baca juga : Mahfud Ngaku Belum Terima Undangan Pelantikan Menteri

Elpa mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno dan Espas Sahabat Sandiaga Uno yang mengharapkan pertanian di daerah dapat membangun pelaku ekonomi kreatif.

"Terima kasih kepada Pak Sandi dan Espas Sahabat Sandiaga Uno yang menginginkan masyarakat di daerah maju dengan hasil pertaniannya," pungkasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Pusat Espas Sahabat Sandiaga Uno, Dewi Herawati yang akan terus berkolaborasi dengan semua pihak untuk menciptakan peluang-peluang usaha bagi masyarakat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.