Dark/Light Mode

Bedah Buku Biografi Erick Thohir

Penulis: Kisah Perjuangan Penuh Dinamika Yang Menginspirasi

Senin, 27 Februari 2023 21:37 WIB
Universitas Hasanuddin (Unhas) kerja sama Kompas Penerbit Buku menyelenggarakan bedah buku biografi perjalanan hidup Menteri BUMN Erick Thohir berjudul “(Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir” karya Abdullah Sammy yang merupakan seorang jurnalis Republika. (Foto: Ist)
Universitas Hasanuddin (Unhas) kerja sama Kompas Penerbit Buku menyelenggarakan bedah buku biografi perjalanan hidup Menteri BUMN Erick Thohir berjudul “(Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir” karya Abdullah Sammy yang merupakan seorang jurnalis Republika. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Hasanuddin (Unhas) kerja sama Kompas Penerbit Buku menyelenggarakan bedah buku biografi perjalanan hidup Menteri BUMN Erick Thohir berjudul “(Bukan) Kisah Sukses Erick Thohir” karya Abdullah Sammy yang merupakan seorang jurnalis Republika.

"Kami mengapresiasi penuh terselenggaranya ruang informasi dan diskusi bagi sivitas akademika Unhas untuk membedah biografi Menteri BUMN ini," kata Direktur Kemahasiswaan Abdullah Sanusi di Makassar, Kamis (23/2).

Dia mengatakan bedah buku tentang kisah Erick Thohir diharapkan memberikan motivasi dan semangat kepada mahasiswa Unhas untuk terus berkarya dan berani mengeksplorasi kemampuan dan bakat yang dimiliki.

Pada kesempatan itu hadir sebagai narasumber yakni Abdullah Sammy (Penulis Buku), Fritz E Simandjuntak (Pemerhati Olahraga), Arief Rosyid Hasan (tokoh muda), dan Dr Mursalim Nohong (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FEB Unhas).

“Kisah yang tertuang dalam buku karya Abdullah Sammy ini sangat memberikan inspirasi dan motivasi kepada para mahasiswa Unhas," kata Abdullah.

Baca juga : Bilik Bijak: Wadah Penyaluran Tas Belanja Demi Penggunaannya Yang Lebih Efektif

Dia mengatakan Unhas selalu terbuka untuk membuka ruang dialog dan diskusi seperti ini dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan baru.

Pada sesi bedah buku tersebut Penulis Abdullah Sammy mengatakan buku ini memberikan gambaran pengalaman hidup Erick Thohir yang penuh dinamika sebagai penanda betapa banyaknya pelajaran yang telah Erick Thohir peroleh selama hidupnya.

"Berbagai dinamika itu kemudian memberikan pembelajaran dan pendewasaan diri bagi seorang Erick Thohir. Tujuannya tentu melalui kisah perjuangan beliau, ada hal yang bisa menginspirasi," ujarnya.

Judul buku yang diawali kata "Bukan" dalam kurung tersebut bermakna bahwa sebelum berada diposisi saat ini, Erick Thohir ternyata banyak melewati dinamika kehidupan yang menjadi pondasi kuatnya hingga saat ini.

Lebih lanjut Sammy mengatakan proses penyusunan buku telah dimulai pada 2020 diawali dengan melakukan wawancara mendalam bersama narasumber utama.

Baca juga : Kyai NU Yakin Erick Thohir Mampu Hilangkan Praktik Sogok Di Sepak Bola Indonesia

Dirinya mengatakan proses pengumpulan data dan informasi memang tidak mudah, mengingat jadwal Erick Thohir yang padat. Namun berkat dukungan dan kolaborasi yang baik, akhirnya buku ini dapat diterbitkan Pada 10 November 2022.

Dalam kesempatan bedah buku itu, para peserta yang merupakan mahasiswa Unhas aktif memberikan pertanyaan seputar buku yang dihasilkan oleh Abdullah Sammy.

Pengamat olah raga Fritz Simanjuntak menilai bahwa excellence adalah prinsip hidup Erick Thohir.

“Ketika diberi tugas apapun, dia (Erick Thohir)  selalu memberikan yang terbaik," tegas Fritz. 

Tokoh muda Arief Rosyid menilai kelebihan Erick Thohir adalah selalu mampu menerima tantangan baru.

Baca juga : Kerja Maksimal, Erick Thohir Disebut Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

"Erick Thohir orang yang mampu mengaktualisasi dan memanfaatkan seluruh potensi yang ada dan mengembangkan sedemikian rupa ke bidang - bidang lain," jabar Arief Rosyid.

Bedah buku yang berlangsung kurang lebih 90 menit ini dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas di Unhas. 

Acara bedah buku juga dimeriahkan dengan berbagai games, doorprize serta hadiah utama dua laptop dan 1 beasiswa untuk satu tahun. 

Setelah Semarang dan Makassar, bedah buku Erick Thohir rencananya akan diselenggarakan di Lampung, Surabaya, Bandung, Medan, Yogyakarta dan terakhir di DKI Jakarta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.