Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pelindo Turunkan Tim Bantu Warga Terdampak Kebakaran Plumpang

Minggu, 5 Maret 2023 21:48 WIB
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menurunkan tim tanggap darurat (emergency response team) untuk membantu memenuhi kebutuhan awal warga yang terdampak peristiwa kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara. (Foto: Ist)
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menurunkan tim tanggap darurat (emergency response team) untuk membantu memenuhi kebutuhan awal warga yang terdampak peristiwa kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menurunkan tim tanggap darurat (emergency response team) untuk membantu memenuhi kebutuhan awal warga yang terdampak peristiwa kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara. 

Selain membantu upaya evakuasi di hari pertama, tim tanggap darurat Pelindo Peduli juga mendistribusikan bantuan darurat berupa makanan, obat-obatan, selimut, terpal dan berbagai kebutuhan warga terdampak, yang sebagian besar sudah berada di posko pengungsian.

Baca juga : Ekonom Apresiasi Gerak Cepat Pertamina Bantu Korban dan Investigasi Kebakaran Depo Plumpang

“Peristiwa kebakaran besar itu terjadi di lokasi yang berdekatan dengan wilayah operasi Pelindo. Banyak warga masyarakat yang terdampak, dan kami berkepentingan membantu warga di situasi darurat seperti ini,” ujar Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Ali Mulyono di Jakarta, Minggu (5/3).

Ali menjelaskan, sejak awal insiden kebakaran besar di Plumpang terjadi, pihaknya ikut memonitor. Begitu mengetahui bahwa insiden tersebut menimbulkan dampak besar bagi warga, pihaknya berinisiatif mengaktivasi tim tanggap darurat Pelindo Peduli, yang terdiri dari staf kantor pusat, subholding serta anak perusahaan. Dalam melakukan kegiatannya, tim tanggap darurat Pelindo berkoordinasi dengan sejumlah pihak, termasuk dengan BNPB DKI Jakarta.

Baca juga : Reklame Bando Jalan di Kota Bandung Langgar Permen PUPR?

“Tim tanggap darurat Pelindo Grup sejak Sabtu sore mendistribusikan logistik untuk warga yang mengungsi di beberapa titik pengungsian. Bantuan logistik diserahkan kepada Ketua Posko di dua titik, yaitu Posko RPTRA Rasela dan Posko PMI Jakarta Utara,” katanya.

Hingga Sabtu sore, lebih dari seribu jiwa mengungsi akibat kebakaran di Depo Pertamina Plumpang. Warga yang terdampak mengungsi di beberapa titik yang tersebar di kawasan Koja, Jakarta Utara.

Baca juga : Relawan Perwira Pertamina Peduli Pulihkan Trauma Anak-Anak Plumpang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat, sebanyak 17 orang meninggal dunia akibat peristiwa tersebut. Selain itu terdapat 51 korban luka,  yang sebagiannya menjalani perawatan di rumah sakit.

Ali Mulyono menambahkan, bantuan tanggap darurat yang didistribusikan itu bisa memenuhi kebutuhan logistik warga di kedua posko pengungsi untuk lima hari ke depan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.