Dark/Light Mode

Menhan Prabowo Sebut, Dukungan Jokowi Untuk Pertahanan Terbesar Dalam Sejarah

Rabu, 8 Maret 2023 11:02 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiram air kembang ke moncong Pesawat C-130 J Super Hercules A-1339, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/3). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiram air kembang ke moncong Pesawat C-130 J Super Hercules A-1339, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/3). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memuji kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sektor pertahanan Indonesia.

Dia menilai, dukungan pemerintah Jokowi itu menjadi yang terbesar dalam sejarah. Hal tersebut diungkap Prabowo di acara serah terima Pesawat C-130 J Super Hercules A-1339 dan C-130H A-1315 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (8/3).

Awalnya, Presiden Jokowi ditanya wartawan soal adakah rencana pemerintah menambah pesawat lagi? Dia tidak menjawab. Eks Gubernur DKI Jakarta itu menyerahkan jawabannya kepada Prabowo.

"Kalau Pak Menteri sudah ngomong pasti, pasti jelas," kata Jokowi.

Baca juga : Sukarelawan Nelayan Pesisir  Pendukung Ganjar Membagikan Jaring Untuk Nelayan Indramayu

Prabowo kemudian menjawab pertanyaan tersebut dengan lantang. Dia menilai dukungan pemerintah Jokowi terhadap sektor pertahanan sangat besar.

"Dukungan pemerintahan Pak Joko Widodo saya lihat dalam sejarah untuk pertahanan itu terbesar, terbesar. Tapi kita, beliau, punya prioritas, kita kemarin mengalami Covid yang sangat berbahaya, jadi prioritas beliau, kita utamakan keselamatan rakyat," tutur Prabowo.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi menerima Pesawat C-130 J Super Hercules A-1339 hari ini. Dalam serah terima tersebut Jokowi melakukan berbagai prosesi.

Acara serah terima ini tak hanya dihadiri Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto saja. Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo hingga Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid turut hadir ke acara tersebut.

Baca juga : Dukungan Erick Ke Pilpres Terus Mengalir Deras Nih

Pembawa acara mengatakan, penyerahan replika kunci dilakukan dari Menhan Prabowo ke Panglima TNI Laksamana Yudo.

Acara serah terima ini diakhiri dengan pembukaan tirai berlambang merah dan putih di jendela Pesawat C-130 J Super Hercules A-1339 oleh Jokowi.

Kemudian, dilanjutkan dengan pemecahan kendi ke bagian ban depan pesawat, dan menyiram air bunga ke moncong pesawat, sambil didampingi Prabowo Subianto.

"Yang kita terima pada hari ini pesawat yang sangat canggih. Tadi saya sudah masuk, sudah dijelaskan bisa mengangkut kalau pasukan yang pakai dengan parasut artinya penerjun itu bisa mengangkut 98, tapi kalau hanya pasukan bukan penerjun bisa 128 pasukan dan bisa mengangkut 19,9 ton," kata Jokowi.

Baca juga : Ganjar Pranowo Dukung Penguatan Demokrasi Di Era Digital

Jokowi menyebut, pesawat ini bagus untuk operasi militer dan kegiatan kemanusiaan lainnya. Pesawat Super Hercules ini bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia dengan waktu terbang 11 jam.

"Artinya ini bagus untuk operasi militer maupun operasi non militer. Bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia karena pesawat Super Hercules ini bisa terbang 11 jam," tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.