Dark/Light Mode

Airlangga Jadi Tokoh Paling Dikenal Warga Pasar Tradisional & Mall

Senin, 13 Maret 2023 16:01 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Instagram Airlangga)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Instagram Airlangga)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinamika Survei Indonesia (DSI) melakukan penelitian dengan objek para warga pasar tradisional dan pasar modern (mall). Pasar tradisional dan mall dipilih karena menjadi penggerak utama roda perekonomian.

Direktur Eksekutif DSI, Permadi Yuswiryanto mengatakan, dalam penelitian ini terdapat stakeholder primer dan sekunder. Stakeholder primer antara lain para pedagang pasar tradisional dan mall. Sedangkan stakeholder sekunder yang terdiri dari pembeli.

Baca juga : Bambang Soesatyo Dorong Penguatan Keamanan Siber Nasional

"Hasil temuan survei pada stakeholder pasar tradisional dan mall, selama 2 tahun lalu begitu merasakan pengaruh dari adanya Covid-19 yang sangat memengaruhi aktivitas dan pendapatan mereka," kata Permadi, dalam keterangannya, Senin (13/3).

Kendati demikian, mayoritas warga pasar tradisional dan mall puas terhadap kebijakan Pemerintah dalam pemulihan aktivitas ekonomi. "Sebanyak 89,9 persen puas dengan kebijakan Pemerintah dalam pemulihan aktivitas di pasar dan mall," ucap Permadi.

Baca juga : Kiyai Muda Jatim Dukung Ganjar Beri Edukasi Parenting Kepada Warga Desa Tumapel Gresik

Permadi menjelaskan, nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjadi tokoh yang paling dikenal stakeholder pasar dan mall. Sebanyak 57,7 persen stakeholder pasar dan mall sangat tahu dan menunggu kebijakan kebijakan yang akan dikeluarkan Airlangga.

Selanjutnya, kebijakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selama Covid sebesar 8,9 persen, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 8,7 persen, Anies Baswedan (saat masih menjabat Gubernur DKI) 7,2 persen, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 6,7 persen.

Baca juga : Sri Mulyani Sedih Dan Minta Maaf

Dalam survei juga ditemukan sebanyak 78,7 persen stakeholder pasar tradisional dan mall menyatakan tugas polisi sangat membantu dalam upaya pemulihan aktivitas jual beli di pasar dan mall. Kemudian, sebanyak 21,3 persen menyatakan satpol PP ikut serta dalam pemulihan aktivitas pasar dan mall.

Survei ini dilakukan dalam rentang 25 Februari hingga 8 Maret 2023. Responden terdiri dari para stakeholder di pasar tradisional dan mall yaitu para pekerja di sektor formal, informal, pelaku UMKM, pedagang kaki lima, pedagang pasar tradisional dan penjaga toko, dengan jumlah responden sebanyak 2.280 orang yang sudah berumur 17 tahun ke atas dan tersebar di 32 provinsi di Indonesia.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.