Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Sabu 36 Kg

Selasa, 14 Maret 2023 18:57 WIB
Personel TNI AL menunjukkan barang bukti narkoba jenis sabu yang berhasil diamankan. (Foto: Dok. TNI AL)
Personel TNI AL menunjukkan barang bukti narkoba jenis sabu yang berhasil diamankan. (Foto: Dok. TNI AL)

RM.id  Rakyat Merdeka - TNI Angkatan Laut (TNI AL) berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu 36 kilogram senilai Rp 36 miliar dan mengamankan dua pelaku, di Perairan Lhokseumawe, Minggu (12/3). Penyergapan ini melibatkan tim gabungan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan dan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe.

Penyergapan ini berawal dari adanya informasi akan ada penyelundupan narkoba melalui Perairan Lhokseumawe. Tim gabungan kemudian melaksanakan penyekatan menggunakan Sea Hunter dan menempatkan personel di pesisir pantai Lhokseumawe.

Baca juga : TNI AU Siapkan Skenario Evakuasi Helikopter Polda Jambi

Minggu (12/3) pukul 18.35 WIB di Pantai Ujong Batee terpantau dari kejauhan satu unit boat pancung mendekat ke pantai dan beberapa saat kemudian melemparkan benda ke arah pantai. Tim gabungan menginformasikan kepada Sea Hunter Lanal untuk melaksanakan pengejaran terhadap boat pancung. Kemudian, tim gabungan yang berada di darat melaksanakan penyergapan terhadap seseorang yang menerima barang tersebut. 

Dari hasil penyergapan itu, diamankan benda yang diduga narkoba jenis sabu sebanyak 36 bungkus (dalam karung) dengan total berat 36 kilogram. Selanjutnya penerima barang berinisial RE diamankan di Lanal Lhokseumawe bersama barang buktinya. Sedangkan boat pancung hingga saat ini masih dalam pengejaran. 

Baca juga : KPK Dikabarkan Tengah Selidiki Dugaan Rasuah Bansos DKI

"Dari pengakuan tersangka RE, akhirnya diketahui bahwa narkotika tersebut milik A. Selanjutnya, petugas langsung bergerak cepat menangkap tersangka A di rumah di Lhok Sukon, Kabupaten Aceh Utara,” ungkap Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Janarko Wibowo.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali menyampaikan, TNI AL akan senantiasa meningkatkan kesiapan operasional baik itu Alutsista maupun personel guna mencegah praktik kejahatan dari dan melalui laut, tentunya termasuk penyelundupan narkoba.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.