Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Ganjar Pranowo Gandeng Pengusaha Muda Agar Berperan Buka Banyak Lapangan Kerja

Minggu, 12 Februari 2023 17:01 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak para pengusaha muda untuk bisa bergabung dalam HIPMI Jateng.

Hal ini dilakukan agar para pengusaha bisa lebih memanfaatkan peluang usaha sebagai bentuk kontribusi, serta kolaborasi dari daerah dalam menopang ekonomi nasional.

Penjelasan tersebut dipaparkan oleh Ganjar Pranowo setelah selesai membuka Diklatcab Akbar HIPMI Jateng di Gedung Prof Soedarto, Universitas Diponegoro, Semarang.

Baca juga : Ganjar Milenial Center Gandeng Hipmoko Gelar Bersih-Bersih Pantai Warna Oesapa

"Saya pesankan dunia sedang terjadi disrupsi, banyak sekali peluang baru maka kolaborasi menjadi penting. Maka harapan kami dalam rekrutmen dan pelatihan hari ini akan ada wacana bagaimana kondisi ekonomi makro dan bagaimana mengelola mikronya," ujar Ganjar Pranowo.

Peluang tersebut seperti adanya kebijakan pemerintah dalam memudahkan para pengusaha. Misalnya, ketika pemerintah memberikan dorongan penggunaan serta pembelian produk dalam negeri.

Selain itu pemerintah juga memberikan KUR atau Kredit Usaha Rakyat dengan suku bunga tergolong rendah.

Baca juga : Buka Aja, Siapa Yang Gerilya

"Nah, ini kesempatan mereka. Contoh, ketika pemerintah mengeluarkan KUR yang plafonnya sampai Rp 500 juta. Rasa-rasanya suku bunganya akan turun jauh lebih rendah lagi, ini juga akan menjadi peluang mereka. Apa yang ditekankan presiden agar daerah pun menggunakan produk lokal, maka hiduplah mereka (pengusaha)," tutur Ganjar.

Tentunya peluang yang telah diciptakan oleh pemerintah harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh pengusaha muda. Meski begitu masih diperlukan persiapan yang lebih baik agar bisa mendapatkan kesempatan tersebut.

"Tinggal kesempatan ini yang musti mereka siapkan dengan baik, dan training-training semacam ini menjadi begitu penting," ungkapnya.

Baca juga : Ganjar Pranowo Terus Percantik Wajah Pasar Tradisional, Beri Bantuan Rp 360 M

Hal lain yang perlu disiapkan oleh pengusaha adalah membentuk kolaborasi atau jejaring. Kerja sama dunia usaha termasuk dengan KADIN dan juga pemerintah akan memunculkan kohesi yang baik dalam perekonomian daerah dan nasional.

"Terus bekerja sama dengan dunia usaha, dengan KADIN, dengan pemerintah, sehingga kita akan bisa bangkit bersama. Pengusaha muda dari HIPMI ini akan bisa menjadi pionir baik di sektor maupun, di wilayah-wilayah di mana mereka berada," imbau Ganjar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.