Dark/Light Mode

Darmizal ReJO: Presiden Jokowi Minta Relawan Kompak, Solid Dan Berintegritas

Sabtu, 18 Maret 2023 10:46 WIB
Ketua Umum Relawan Jokowi atau ReJO, Darmizal  bersama Presiden Jokowi. (Foto: Ist)
Ketua Umum Relawan Jokowi atau ReJO, Darmizal bersama Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Relawan Jokowi atau ReJO, Darmizal menjelaskan, pertemuan makan malam antara Presiden Jokowi dan relawan berlangsung cair, guyub dan egaliter.

Makan malam antara Jokowi dan relawan dilakukan di salah satu restoran di Jakarta, Jumat (17/3). Pertemuan berlangsung sekitar 2,5 jam.

Menurut Darmizal, pertemuan dimulai sekitar jam 19.00, diawali makan malam dan pembukaan oleh Eko Sulistio tokoh Relawan Jokowi sejak Wali Kota Surakarta. Kemudian sambutan dan arahan Jokowi sebagai pembina utama seluruh organ relawan.

Baca juga : Moeldoko: Presiden Jokowi Sudah Siapkan Landasan RI Melompat, Jangan Sia-Siakan

Dilanjutkan dengan penyampaian sikap seluruh ketua umum relawan yang menyatakan tetap teguh dan setia dalam satu barisan kokoh yang solid bersama Jokowi sampai akhir masa tugas sesuai UUD 1945.

Arahan pokok Jokowi adalah agar seluruh komponen organ relawan kompak, tangguh, solid dan berintegritas sehingga berdayaguna dan berdayalaksana untuk lancar dan suksesnya pesta demokrasi di Tanah air. Semua harus ikut prosedur yang telah ditentukan oleh konstitusi negara kesatuan Republik Indonesia. “Harus patuh pada UUD, tidak boleh bergeser apalagi bertentangan dengan konstitusi,” ujar Darmizal menirukan Jokowi.

Menurut Darmizal, Jokowi juga mengatakan, yang punya hak dalam mengusung pasangan Capres dan Cawapres adalah parpol atau gabungan parpol, sedangkan relawan adalah pendukung pasangan yang telah diusung parpol tersebut. Jika Relawan kompak, kokoh dan solid, maka peran relawan sangat signifikat pengaruhnya dalam menetapkan kemenangan pasangan Capres. Menurut dia, Jokowi juga meminta, seluruh Relawan Ojo Kesusu atau tidak perlu tergesa gesa dalam menentukan dukungan kepada siapapun.

Baca juga : Presiden Tinjau Kawasan KIPI hingga Bertemu Nelayan Di Kaltara

Darmizal menambahkan, Jokowi mengatakan, dirinya selalu berkomunikasi dengan semua pimpinan parpol. Komunikasi masih cair dan belum ada kepastian siapa yang akan diusung. “Tunggu saja,” ujar Darmizal menyadur pandangan Jokowi.

Darmizal menilai, pandangan dan arahan Jokowi dapat ditafsirkan, bahwa belum ada calon Presiden yang dilirik apalagi diendorse oleh Jokowi, semua masih sangat dinamis bergerak ke kiri, ke kanan dalam batas komunikasi untuk saling menjajaki dan melihat peluang berkolaborasi.

“Maka dari itu, kami pimpinan Relawan bersepakat untuk menunggu perintah Jokowi. Siapapun yang ditetapkan Jokowi untuk didukung, maka itulah yang wajib disosialisasikan dan dimenangkan Relawan Jokowi,” ujar Darmizal.

Baca juga : Temui Pendemo, Jokowi Janji Selesaikan Ganti Rugi Lahan Warga

“Kami Relawan sangat berkepentingan terciptanya pembangunan yang berkelanjutan dan berkepastian. Kami tidak ingin pembangunan yang sudah demikian baik ini, terhambat apalagi berhenti ditangah jalan akibat kesalahan rakyat dalam memilih pemimpin pada Pemilu 2024 mendatang. Kita sudah bertekad bulat, bahwa Indonesia harus menjadi negara maju dengan ekonomi kuat Dunia pada th 2035 mendatang. Capaian tersebut harus dimulai dari sekarang,” ujar pria lulusan UGM ini.

Selain dominan diskusi terkait Pemilu dan Capres serta Cawapres, pertemuan juga membahas perilaku mafia tanah yang semakin meresahkan, penegakan hukum, kriminalisasi, kepastian usaha, investasi, pertambangan dan hilirisasi hasil tambang serta krisis ekononi global yang belum usai.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.