Dark/Light Mode

Di Forum Kick-Off Meeting, Presiden Minta Pengelolaan Air Jadi Prioritaskan

Rabu, 15 Februari 2023 21:30 WIB
Kick-Off Meeting resmi dibuka di Jakarta Convention Center, Rabu (15/2)
Kick-Off Meeting resmi dibuka di Jakarta Convention Center, Rabu (15/2)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kick-Off Meeting resmi dibuka di Jakarta Convention Center. Acara yang dihadiri lebih dari 1400 peserta dari pemangku kepentingan dan berbagai stakeholders di bidang pengelolaan air, sebagai perkenalan menuju World Water Forum (WWF)  ke-10 tahun 2024. 

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah World Water Forum (WWF) mendatang diharapkan semakin membuka peluang kerja sama di bidang pengelolaan sumber daya air disamping memberi dampak ekonomi bagi Indonesia. 

Pemerintah menargetkan kehadiran 17.000 peserta dan 30.000 pengunjung dari 172 negara ke lokasi penyelenggaraan WWF ke-10 di Bali, pada 18-24 Mei 2024. 

Baca juga : World Water Forum 2024 Bali Jadi Momen Sinergi Tingkatkan Pengelolaan Air Global

Presiden Jokowi menyampaikan agenda penting yang harus diprioritaskan dalam penyelenggaraan WWF 2024. Yakni, upaya konservasi air, ketersediaan air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energy, serta mitigasi bencana alam berupa banjir dan kekeringan. 

“Agenda-agenda tersebut harus menjadi kerja bersama, partisipasi rakyat dan kerja sama dari berbagai pihak, dialog dan kemitraan antar negara yang dilakukan dalam semangat kebersamaan untuk kesejahteraan rakyat dunia,” terang Presiden dalam sambutan melalui video, Rabu (15/2). 

Dalam opening ceremony  Presiden World Water Council, Loïc Fauchon menyampaikan urgensi Kick-Off adalah momentum untuk menjadikan air sebagai isu penting. Sebagai sumber daya alam, air adalah satu-satunya yang tidak bisa dihasilkan ulang, sehingga penting untuk menjaga keberlangsungan air. 

Baca juga : Airin Minta Didoakan Jadi Gubernur Banten

“Kita berkumpul hari ini karena sebuah persamaan, bahwa kita sama-sama peduli tidak hanya kepada masa depan air, tetapi juga air di masa sekarang,” ujar Loïc. 

WWF ke-10 akan mengangkat tema “Water for Shared Prosperity”, dengan melihat kondisi global saat ini yang menghadapi tantangan ketersediaan air bersih di banyak negara. Indonesia berkomitmen memperkuat kolaborasi berbagai pemangku kepentingan dalam mencapai target SDG 6, yaitu terkait hak atas air bersih dan sanitasi. 

“Marilah kita mendengarkan satu sama lain dengan kerendahan hati, dan berbicara dengan kerendahan hati, demi mewujudkan cita-cita bersama, untuk mengembalikan harapan, martabat, melalui kemungkinan akses terhadap air, sanitasi, keamanan dan kemakmuran bagi semua,” ajak Loïc.

Baca juga : Sore Ini Persebaya Vs Borneo FC, Penyelesaian Akhir Pato Jadi Sorotan

Sementara Menteri PUPR, Basuki Hadimuljo menjelaskan, bahwa WWF merupakan acara lintas batas terbesar yang membahas masalah sumber daya air. Sekaligus, sebagai forum berbagi pengalaman dan inovasi untuk menjawab berbagai tantangan pengelolaan air global. 

 “Melalui Kick-Off Meeting ini, setidaknya ada enam masalah utama sumber daya air yang akan dibahas melalui proses politik, tematik, dan regional yang perlu didiskusikan untuk menemukan solusi, inovasi, dan implementasinya,” ujar Basuki yang hadir sebagai narasumber. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.