Dark/Light Mode

Ketua Umum KCBI Bhikkhu Dhammavuddho Thera Lantik Pengurus DPD KCBI Sumatera Utara Di Medan

Minggu, 19 Maret 2023 11:59 WIB
Pengurus DPD KCBI Sumatera Utara Resmi Dilantik oleh Ketua Umum KCBI Bhikkhu Dhammavuddho Thera di Medan, Sabtu (18/3). Kegiatan dimulai Pukul 18.30 WIB, di Li Kung, Jalan Mangkubumi, Kota Medan, dan dihadiri para Bhikkhu dan Bikkhuni dari anggota Sangha Theravada, Mahayana dan Tantrayana di Sumatera Utara. (Foto: Ist)
Pengurus DPD KCBI Sumatera Utara Resmi Dilantik oleh Ketua Umum KCBI Bhikkhu Dhammavuddho Thera di Medan, Sabtu (18/3). Kegiatan dimulai Pukul 18.30 WIB, di Li Kung, Jalan Mangkubumi, Kota Medan, dan dihadiri para Bhikkhu dan Bikkhuni dari anggota Sangha Theravada, Mahayana dan Tantrayana di Sumatera Utara. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus DPD KCBI Sumatera Utara Resmi Dilantik oleh Ketua Umum KCBI Bhikkhu Dhammavuddho Thera di Medan, Sabtu (18/3). Kegiatan dimulai Pukul 18.30 WIB, di Li Kung, Jalan Mangkubumi, Kota Medan, dan dihadiri para Bhikkhu dan Bikkhuni dari anggota Sangha Theravada, Mahayana dan Tantrayana di Sumatera Utara.

Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, beserta Penyelenggara Buddha Kota Medan, Deli Serdang dan Pematang Siantar.

Ketua Umum, Bendahara Umum, Ketua Pelaksana harian DPP KCBI, Para pengurus DPD Walubi Sumut, Perwakilan dari Majelis-Majelis Agama Buddha Sumut dan para tamu undangan.

Baca juga : Bilal Erdogan Tegaskan Pentingnya Peran Pemuda Dalam Pembangunan

Acara pelantikan pengurus Keluarga Cendekiawan Buddhis Indonesia (KCBI) Provinsi Sumatera Utara & Kota Medan masa bakti tahun 2022 – 2025
Dibuka dengan Menyanyikan Lagu “Indonesia Raya” dan Lagu “Mars KCBI”

Doa Pembukaan oleh Ketua DPD Walubi Provinsi Sumatera Utara Bapak Brilian Moktar. Sebelum pelantikan acara diisi dengan makan malam bersama dan dimeriahkan Acara Kesenian, Atraksi Barongsai oleh FOBI Sumatera Utara, Permainan Kecapi, Lagu-lagu Buddhis yang dinyanyikan oleh Bintang Cilik Buddhis 2022, Top 2 Putra – Putri Sakya 2022, Ryan Fangestu, Buddhist Idol 2022

Pelantikan Pengurus DPD KCBI Provinsi Sumut dilakukan oleh Ketua Umum DPP KCBI Y.M. Bhikkhu Dhammavuddho Thera, dengan Pembacaan SK Pengangkatan Darno Hartono sebagai ketua KCBI Sumut oleh Ketua Pelaksana Harian DPP KCBI, Eric Fernardo. Dilanjutkan Pelantikan Pengurus DPC KCBI Kota Medan dilakukan oleh Ketua DPD KCBI Provinsi Sumut terpilih, Darno Hartono

Baca juga : Sah! Ryano Lantik 800 Pengurus DPP KNPI Hasil Penyatuan

Dalam Sambutannya Darno Hartono mengucapkan terima kasih atas kehadiran dalam acara pelantikan ini dan atas dukungan yang selama ini terus diberikan oleh teman-teman dari berbagai elemen organisasi.

Syarifarudin Afa, Bendahara Umum DPP KCBI dalam kesempatannya menyampaikan kata sambutan: mengucapkan selamat dan sukses atas terbentuknya dan dilantiknya para pengurus DPD KCBI Sumut dan DPC KCBI kota Medan. Dalam waktu dekat ini kami terus mengembangkan pembentukan DPD KCBI seluruh wilayah Indonesia sesuai rekomendasi dari masing-masing Ketua DPD Walubi. Beberapa wilayah seperti Jawa Timur, Sumatera Selatan, Riau, dan Sumatera Selatan sudah menyatakan kesiapannya. Diharapkan akan banyak DPD terbentuk sebelum Hari Waisak tahun 2023 supaya bisa bertemu dan bersilahturahmi dalam menyusun program kerja yang sangat urgent dalam menghadapi berbagai persoalan bangsa.

Semoga peran ikatan cendekiawan yang berbasis agama Buddha ini terus bisa melahirkan ide-ide yang bisa membawa umatnya ke arah yang lebih baik, sejahtera dan mandiri, terutama di lapisan masyarakat paling bawah. Beberapa program aksi nyata yang sedang dilakukan dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui UMKM. Yang kedua adalah meningkatkan pendidikan umat dan menghasilkan SDM unggul, melalui program pelatihan bagi pengembangan kemampuan dan ketrampilan umat Buddha di Indonesia. Kami menyampaikan juga bahwa Ibu Ketua Dewan Pembina KCBI, Ibu Hartati Murdaya memiliki visi besar dengan rencana membangun Dharma City di Lampung dan membangun universitas berkelas Internasional. KCBI akan terus mendukung terealisasinya visi dan misi dari Ibu Ketua Dewan Pembina tersebut. Kami juga akan membuat sistem keuangan mikro untuk menjadi sumber pinjaman modal kerja untuk pelaku usaha mikro di daerah-daerah.

Baca juga : Ketua Umum FBAI Ki Kusumo Pastikan 2 Kejuaraan Nasional Segera Digelar

Pengarahan oleh Pembimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara yang di sampaikan oleh Penyelenggara Buddha Kota Medan Ibu Dwiyanti, S.Ag, yang menyambut baik terbentuknya DPD KCBI Sumut dan mengharapkan kehadirannya dapat berkontribusi untuk membantu pemerintah dan masyarakat melalui konsep dan pemikiran dari para Cendekia.

Acara yang berjalan sukses dan meriah berkat persiapan yang baik oleh Ketua Panitia Acara, Zerwin selanjutnya ditutup dengan Doa dan Pemberkahan oleh Sangha.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.