Dark/Light Mode

Contraflow, Oneway Dan Ganjil Genap

Ini Dia, Jurus Jitu Polri Atasi Mudik Pas Lebaran

Senin, 3 April 2023 07:50 WIB
Kepala Divisi (Kadiv) Hu­mas Polri Irjen Sandi Nugroho. (Foto: Humas Polri)
Kepala Divisi (Kadiv) Hu­mas Polri Irjen Sandi Nugroho. (Foto: Humas Polri)

 Sebelumnya 
Keterlibatan kekuatan baik dari Mabes Polri sebanyak 1.240 personel, Polda 91.153 personel dan intansi terkait sebanyak 55.818 personel.

Terpisah, Juru bicara Ke­menterian Perhubungan (Ke­menhub) Adita Irawati mengatakan, penggunaan kendaraan pribadi roda empat dan roda dua menjadi moda transportasi pilihan tertinggi untuk mudik tahun ini.

Menurutnya, pemberlakuan cuti lebih awal yang baru-baru ini diumumkan sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik.

“Cuti lebih awal diharapkan dapat membagi atau mengurai tanggal keberangkatan para pemudik sehingga tidak terpusat di satu tanggal saja,” harapnya.

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Kalteng Bawa Bantuan Khusus Untuk Ponpes Al Huda

Adita merinci, pengguna kendaraan pribadi roda empat disebut menjadi pilihan tertinggi masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik.

Jumlahnya diprediksi menca­pai 27,32 juta orang atau 22,7 persen dari total pergerakan. Sementara, untuk pengguna kendaraan roda dua, diprediksi mencapai 25,13 juta orang atau 20,3 persen dari total pergerakan.

Namun, Adita menyarankan moda transportasi roda dua tidak digunakan mudik, apalagi untuk perjalanan jarak jauh.

“Risiko keselamatan sangat tinggi. Pemerintah menyiapkan mudik gratis bersama, dan motornya pun dapat dibawa serta,” jelas Adita.

Baca juga : 3 Operator Penerbangan Siap Layani Arus Mudik Lebaran

Kemenhub melakukan koor­dinasi intensif dengan Korlan­tas Polri, Kementerian PUPR, Badan Pengelolaan Jalan Tol, Jasa Marga, dan unsur terkait lainnya, untuk menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas.

Seperti, contra flow, one way hingga pembatasan angkutan ba­rang. Selain itu, akan dilakukan penambahan dan peningkatan fasilitas prasarana jalan seperti, perbaikan dan pelebaran jalan, penambahan rest area, penam­bahan marka jalan, dan fasilitas jalan lainnya.

Kepala Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengung­kapkan pentingnya sinergi kebi­jakan untuk mengatur perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Untuk itu, kata Djoko, penera­pan contra flow, oneway atau ganjil genap harus dapat mem­perlancar arus kendaraan.

Baca juga : Pariwisata Mulai Bangkit

“Perlu rambu yang jelas dan diberi pembatas, serta dijaga. Polisi lalu lintas di lapangan diperbanyak,” tuturnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.