Dark/Light Mode

Setelah Insiden Tolak Israel

Ganjar Jungkir Balik Tahan Kemerosotan

Senin, 3 April 2023 08:00 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: dok. Humas Pemprov Jateng).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: dok. Humas Pemprov Jateng).

 Sebelumnya 
Pemilik akun @tadaroniyandesu misalnya mendesak Ganjar menyampaikan permohonan maaf kepada para pecinta sepak bola di Tanah Air. Akun @ayamadam12 juga menyayangkan sikap Ganjar yang tidak mikir untung ruginya. “Mungkin kalau Bung Karno masih hidup akan menangis melihat pemain timnas gak jadi main gara gara hal yang sepele,” ujarnya.

Namun, tidak semua yang menyampaikan komentar pedas. Barisan pendukung Ganjar justru memberikan komentar yang positif. Cyril Raoul Hakim di akun @chicohakim memberikan semangat pada Ganjar . “Membanggakan kok bersikap. Tetap semangat, Mas,” tulis Chico, yang dikenal sebagai mantan pendukung Ahok ini.

Baca juga : Ganjar-Gibran Tetap Temenan

“Mantap sekali... sekali merdeka tetap merdeka... maju terus pantang mundur,” cuit @kh_notodiputro. “Terus terang saya pendukung sangat kecewa dengan statement Pak @ganjarpranowo yang menolak Timnas Israel yang jelas-jelas membahayakan panjenengan. Saya pribadi memaafkan pak, manusia tak luput dari kekhilafan. Untuk berikutnya, saya berharap lebih berhati-hati dalam mengeluarkan statement pak,” timpal @MARQUES_93.

Direktur Eksekutif Institute for Democracy and Strategic Affairs (Indostrategic), Ahmad Khoirul Umam menilai, Ganjar mengalami kerugian besar terkait sikapnya di Pildun U-20. Ganjar berpotensi tergerus elektabilitasnya dan ditinggalkan para pendukungnya.

Baca juga : Srikandi Ganjar Jabodetabek Gelar Penyuluhan Kesehatan

Ke depan, Umam menyarankan agar Ganjar harus berpikir keras untuk meredam kegaduhan yang kini menyeret namanya jika tidak ingin elektabilitasnya terus tergerus. “Jika tidak ada proses klarifikasi yang memadai, dukungan Jokowi bisa bergeser kepada Prabowo Subianto sebagai capres 2024,” ujarnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.