Dark/Light Mode

Ini Profil Dito Ariotedjo, Calon Menpora Baru Yang Benar-benar Anak Muda

Senin, 3 April 2023 11:36 WIB
Dito Ariotedjo. (Foto: Instagram/@ditoariotedjo)
Dito Ariotedjo. (Foto: Instagram/@ditoariotedjo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo diisukan bakal melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri sejak Maret 2023. 

Lalu siapa Dito Ariotedjo ini?

Dito adalah anak muda kelahiran Jakarta pada 25 September 1990. Meskipun masih terbilang muda, ia kerap mendapatkan kepercayaan untuk menduduki posisi penting di politik.

Baca juga : Hari Ini, Dito Ariotedjo Bakal Jadi Menpora Termuda, Usianya 32 Tahun

Satu diantaranya adalah, menjabat sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022. Organisasi sayap salah satu partai terbesar di Indonesia: Golkar

Selain itu, tahun lalu putra bungsu dari Arie Prabowo Ariotedjo dan Arti Laksmigati Ariotedjo ini diberi amanah menjabat sebagai Ketua Panitia HUT Golkar ke-58 pada tahun lalu. 

Ketika perhelatan Pilpres 2019, Dito masuk dalam jajaran Juru Bicara untuk pasangan Jokowi-Maruf Amin. Sementara saat ini, di Partai Beringin Dito adalah Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP.

Baca juga : Dito Ariotedjo, Calon Kuat Menpora Baru

Tak cuma di politik. Karirnya di sektor ekonomi juga mentereng. Ia adalah salah satu pengusaha muda yang sukses.

Ia diketahui memimpin berbagai jenis usaha, mulai dari usaha bidang energi, pertahanan, coworking space, dan start-up yang tergabung dalam sebuah induk perusahaan bernama Grupara Ventures. 

Ia juga merupakan Komisaris Utama di sejumlah perusahaan, yaitu PT Kartika Kara Eka Nusa serta Syailendra Pangan Indonesia.

Baca juga : Cuekin Brazil, Don Carlo Nyaman Bareng Real Madrid

Di dunia olahraga, Dito dikenal aktif bergerak di bidang olahraga sepeda. Ia didapuk sebagai Ketua Umum Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi DKI Jakarta.

Tak heran, konstribusinya yang besar di dunia olahraga, membuat Dito dipercaya oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)menjadi CdM (Chef de Mission) atau Ketua Kontingen Indonesia pada perhelatan Youth Olympic Games tahun 2018 lalu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.