Dark/Light Mode

Jokowi Ingatkan Media, Jangan Sampai Kepleset Polarisasi

Kamis, 9 Februari 2023 12:01 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki tahun politik, Presiden Jokowi berpesan kepada media, agar dapat terus bersikap obyektif, dan tidak tergelincir dalam polarisasi. 

Menurutnya, media harus mendorong pelaksanaan Pemilu 2024 agar dapat berjalan jujur, adil, dan meneguhkan persatuan Indonesia.

Baca juga : Jokowi Nggak Muluk-muluk Patok Target Timnas

"Media massa harus tetap menjadi pilar demokrasi yang keempat, dan menjadi referensi utama bagi masyarakat, dalam mendapatkan informasi," tuturnya dalam peringatan Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (9/2).

Jokowi menilai, masyarakat kini sudah kebanjiran berita dari media sosial dan media digital lainnya. Termasuk, platform asing.

Baca juga : Pesan Menag Di Rakernas: Jangan Korupsi Dan Cegah Politisasi Agama

Umumnya, media tersebut tidak memiliki susunan redaksi atau dikendalikan oleh artificial intelligence (AI).

Jokowi bilang, algoritma raksasa digital cenderung mementingkan sisi komersial saja, dan hanya akan mendorong konten-konten recehan yang sensasional. Serta mengorbankan kualitas isi dan jurnalisme otentik.

Baca juga : Pesan Jokowi Ke Bank: Jangan Persulit Kredit Smelter

Media konvensional yang memiliki susunan redaksi, kini makin terdesak dalam peta pemberitaan.

"Ini yang membuat kita semakin kehilangan. Hal semacam ini tidak boleh mendominasi kehidupan masyarakat kita," tegas Jokowi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.