Dark/Light Mode

Harta Bupati Meranti Yang Di-OTT KPK Rp 4,7 Miliar, Punya 74 Bidang Tanah

Jumat, 7 April 2023 05:11 WIB
Bupati Meranti Muhammad Adil. (Foto: Ist)
Bupati Meranti Muhammad Adil. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil. Adil ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar komisi antirasuah pada Kamis (6/4) malam.

Berapa harta kekayaan Adil?

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikannya pada 28 Maret 2022 untuk periodik 2021, Adil tercatat memiliki harta senilai Rp 4.785.577.310 (Rp 4,7 miliar).

Hartanya terdiri dari 73 bidang tanah yang tersebar di Kepulauan Meranti, Bengkalis, Pekanbaru, hingga Kampar.

Baca juga : Penangkapan Bupati Meranti, OTT Pertama KPK Di Tahun 2023

Selain itu, Adil juga memiliki sebidang tanah dan bangunan seluas 476 meter persegi seharga Rp 910 juta di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Total, aset berupa tanah dan bangunan itu dilaporkan Adil bernilai Rp 4,36 miliar.

Untuk harta bergerak, Adil tercatat memiliki satu buah mobil Honda Brio DD1 2E AT CKD Tahun 2015 senilai Rp 120 juta.

Dia juga memiliki empat sepeda motor, yang terdiri dari tiga sepeda motor Honda tahun 2014, 2015, dan 2018, serta satu unit sepeda motor Kawasaki tahun 2017. Total, nilai kelima kendaraannya itu Rp 174 juta.

Baca juga : Kemenag Bantu Guru Madrasah Yang Non PNS

Kemudian, Adil tercatat memiliki harta berupa kas dan setara kas Rp 244 juta. Dia tercatat tak memiliki utang. 

Sebelumnya, Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan adanya tangkap tangan terhadap Adil.

"Benar, tadi malam, tim KPK berhasil melakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang sedang melakukan korupsi di Kabupaten kepulauan Meranti Riau. Beberapa pihak sudah ditangkap, di antaranya Bupati," ujar Ali lewat pesan singkat, Jumat (7/4).

Menurut Ali, saat ini tim KPK masih bekerja. Tim penyidik masih mengumpulkan bahan keterangan dari beberapa pihak.

Baca juga : KPK Minta Tidak Dicurigai

"Setelahnya pasti kami sampaikan lengkap hasil kegiatan tersebut sebagai bagian keterbukaan informasi KPK kepada masyarakat," tandas Ali.

Sebelumnya, dalam video dan foto yang beredar, sejumlah ruangan Pemkab Meranti terlihat telah disegel. Salah satunya, ruangan Sekretaris Daerah (Sekda) Meranti.

Ada pula ruangan Humas dan Protokol dengan logo Pemkab Meranti. Selain ruang Sekda, ruang Kabag Umum juga terlihat disegel, dengan tulisan merah hitam 'Dalam Pengawasan KPK'. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.