Dark/Light Mode

Amankan Mudik Lebaran, Jasa Raharja Siagakan 2.000 Personel

Selasa, 11 April 2023 10:14 WIB
Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono. (Istimewa)
Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Raharja bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kepolisian, dan instansi terkait mematangkan pengamanan arus mudik Lebaran 2023.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan, cara bertindak, dan penanganan keselamatan lalu lintas berjalan maksimal.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono mengatakan, berdasarkan data santunan Jasa Raharja, jumlah korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas) selama mudik Lebaran masih relatif tinggi dalam lima tahun terakhir.

Sebanyak 70 persen dari jumlah tersebut melibatkan pengendara sepeda motor.

Baca juga : Buruan Daftar, Kuota Motis Via Kereta Sisa 20 Persen

"Dalam pelaksanaan mudik bersama, salah satu fokus utama kami adalah mengalihkan pemudik sepeda motor ke moda transportasi lain," ujar Rivan dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (11/4).

Rivan menambahkan, salah satu cara mengalihkan motor adalah dengan menggelar program Mudik Bersama BUMN 2023 yang melibatkan 82 BUMN.

Program itu menyediakan mudik gratis dengan kuota 67.223 pemudik. Hingga kini sudah sekitar 49 persen dari kuota tersebut telah terisi.

"Pemenuhan kuota tersebut kami maksimalkan melalui sosialisasi di berbagai media massa, media sosial, dan kampanye secara langsung,” katanya.

Baca juga : Ganjar Siapkan Jalur Tol Fungsional Solo-Yogyakarta

Selain menggelar Mudik Bersama, kata Rivan, Jasa Raharja juga terlibat aktif dalam Pos Pengamanan (PAM) Lebaran 2023.

Melalui PAM Lebaran 2023, pihaknya menyiapkan sejumlah langkah pengamanan serta kegiatan, seperti survei bersama Kemenhub, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), serta pemangku kepentingan lain ke sejumlah jalur mudik.

Selain itu, Jasa Raharja juga melakukan monitoring terhadap data laka lantas online dan 2.517 rumah sakit, berkoordinasi aktif dengan Forum Komunikasi Lalu Lintas. Serta menyiapkan mobil unit keselamatan lalu lintas (MUKL) di 102 titik kantor cabang dan perwakilan Jasa Raharja.

Untuk mendukung pekerjaan tersebut, Jasa Raharja juga menyiagakan sekitar 2.000 personel.

Baca juga : Kendaraan Listrik Laris, Bisnis DRMA Bakal Terdongkrak

"Kami juga memasang spanduk keselamatan di 5.200 titik lokasi dan berkoordinasi dengan Google Indonesia untuk memberikan informasi mengenai titik-titik rawan laka lantas," jelasnya.

Dengan berbagai persiapan tersebut, Dia berharap, pelaksanaan mudik Lebaran 2023 dapat berjalan sukses serta bebas dari kasus laka lantas.

"Kami mengimbau kepada pemudik agar dapat mengikuti arahan para petugas di lapangan secara kooperatif. Dengan demikian, mudik yang aman, nyaman, dan lancar dapat terwujud," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.