Dark/Light Mode

Saiful Halim Gagas Gerakan Mambaiki Banua

Selasa, 11 April 2023 22:31 WIB
Pengagas gerakan Membaiki Banua Saiful Halim (Foto: Istimewa)
Pengagas gerakan Membaiki Banua Saiful Halim (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Terjadinya berbagai bencana alam akhir-akhir ini dan juga peristiwa sosial terkait pertambangan mendorong pegiat sosial Saiful Halim menggagas gerakan Mambaiki Banua. Gerakan ini diharapkan bisa memperbaiki keadaan, khususnya di Kalimantan Selatan.

"Masalah yang ada Kalimantan Selatan, rasanya harus diselesaikan bersama. Dari persoalan kerusakan alam, hingga masalah sosial yang terjadi akhir-akhir ini perlu menjadi kepedulian kita besama," ujar alumni ITB ini, dalam keterangannya, Rabu (12/4).

Baca juga : Scarlett Johansson, Beradegan Syur Bikin Canggung

Beberapa waktu lalu, beberapa wilayah Kalimantan Selatan dilanda banjir dan terjadi pembunuhan terhadap seorang lansia terkait sengketa tanah tambang yang kemudian viral di media sosial. Saiful Halim, yang pernah menjadi profesional salah satu perusahaan pertambangan di Kalimantan Selatan, menguraikan, Mambaiki Banua adalah inisiatif gerakan sosial yang murni muncul dari aspirasi akar rumput masyarakat Kalimantan Selatan.

Pria kelahiran Tanah Bumbu ini menyebut, Mambaiki Banua bisa dimulai dengan hal-hal sederhana. Seperti mengapresiasi nilai-nilai kebaikan yang mulai langka, yang muncul secara tak terduga di masyarakat.

Baca juga : Survei LSI: Simulasi 19 Nama, Ganjar Peringkat Pertama

"Kita harus memberikan respek kepada warga Banua yang masih memelihara nilai kejujuran, kemanusiaan, dan kepedulian pada sesama masyarakat. Insya Allah gerakan ini akan terus bergulir, " urai pria yang kini aktif sebagai pengurus Wakaf Masjid Salman ITB Bandung ini.

Ke depan, kata Saiful, pihaknya akan mengadakan beberapa kegiatan bersama masyarakat, untuk semakin menyebarkan gagasan Mambaiki Banua. Dari kegiatan lomba ide gagasan online Anak Muda Mambaiki Banua, hingga sosialisasi nilai-nilai positif di media sosial.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.